detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 11:21 WIB

Diikuti 8.000 Orang, Bersih-bersih Ciliwung Catatkan Rekor Muri

Rolando Fransiscus - detikNews
Diikuti 8.000 Orang, Bersih-bersih Ciliwung Catatkan Rekor Muri Kegiatan bersih-bersih Kali Ciliwung pecahkan rekor Muri. (Foto: Rolando/detikcom)
Bogor - Kegiatan bersih-bersih Kali Ciliwung yang diadakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatatkan rekor Muri dengan peserta terbanyak membersihkan sungai. Piagam rekor langsung diterima langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya.

"Ibu Menteri dan Bapak-Ibu yang kami hormati, mohon izin saya laporkan ke Ibu bahwa kerja besar bebersih Ciliwung ini yang mulai dari hulu di Cisarua sampai dengan Pademangan yang mencapai 36 titik lokasi dan melintasi 33 kecamatan di Jawa Barat dan Jakarta yang 119 km. Oleh 8.433 peserta. Mohon izin kami nyatakan sebagai rekor Muri," ujar Senior Manager Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri), Yusuf Nasri, saat memberikan piagam, di Yayasan Bambu Indonesia, Cibinong, Bogor, Minggu (23/6/2019).


Yusuf juga mengatakan kegiatan bersih Kali Ciliwung ini tercatat sebagai rekor Muri dalam hal luas kawasan yang dibersihkan. Lebih dari 69 km kawasan sungai dibersihkan.

"Kami laporkan juga kepada Ibu dan Bapak sekalian, bahwa total kawasan yang dibersihkan sungainya ada 69,3 km. Untuk itu mohon izin Ibu dan Bapak kami catat sebagai rekor dunia Muri," katanya.


Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya menyambut baik catatan rekor tersebut. Dia berharap ada manfaat dari kegiatan ini.

"Hari ini saya dapat laporan ini diobservasi oleh Muri dan bermanfaat jauh dari peristiwa hari ini. Oleh karena itu, terima kasih tak terhingga," imbuh Siti.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed