detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 09:29 WIB

TransJakarta Kenalkan Bus Listrik ke Pengunjung CFD

Adhi Indra Prasetya - detikNews
TransJakarta Kenalkan Bus Listrik ke Pengunjung CFD Bus listrik TransJakarta yang diperkenalkan kepada pengunjung CFD. (Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - PT Transportasi Jakarta mengadakan sosialisasi bus listrik dalam kegiatan car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta. Acara ini bertujuan mengenalkan bus listrik yang rencananya menggantikan bus Transjakarta yang selama ini berbahan bakar gas.

"Kita mengadakan acara seperti ini buat memperkenalkan bus listrik yang baru. Public campaign supaya masyarakat yang tadinya cuma tahu dari baca atau melihat TV, sekarang bisa melihat langsung. Mereka boleh untuk masuk, merasakan di dalam busnya," ujar Kepala Divisi Teknik dan Manajemen Operasi PT Transportasi Jakarta Eri Riawan di lokasi CFD, Minggu (23/6/2019).

Eri menjelaskan, bus listrik ini menggunakan tenaga baterai dan memakai motor listrik sehingga lebih ramah lingkungan. Dalam acara ini, ada dua bus listrik yang diperkenalkan, yakni yang berukuran besar dan medium.

"Kapasitasnya yang besar 28 kursi, yang berdiri 20. Kalau yang medium ada 18 kursinya," ujar Eri.


Eri menyebut bus listrik ini ke depannya akan menggantikan semua bus TransJakarta yang memakai mesin. Meski demikian, penggantian bus dilakukan secara bertahap.

"Busnya secara bertahap akan menggantikan bus-bus yang ada supaya polusi di Jakarta berkurang. Tidak langsung semua," ujar Eri.

Eri menyebut bus listrik itu perkiraan akan beroperasi dalam 1-2 bulan ke depan. Rencanannya dimulai di koridor 1 Transjakarta.

"Kita akan melakukan uji coba, 1-2 minggu ini kita menunggu proses pembuatan STNK dan kepastian dari pemerintah untuk pengoperasiannya. Jadi dalam waktu dekat ini kita akan melakukan uji coba sebanyak 10 unit selama 6 bulan, supaya kita mengetahui spesifikasi teknis dan operasional yang sesuai dan cocok dengan bus ini. Karena kita berharap bus ini bisa beroperasi dari jam 5 pagi sampai jam 10 malam," ujar Eri.

Acara ini menarik banyak perhatian para pengunjung CFD. Sejumlah pengunjung yang antusias pun diberi kesempatan oleh MC acara untuk bertanya langsung kepada Eri.

"Apakah tarifnya berbeda dengan bus TransJakarta yang biasanya?" tanya salah satu pengunjung.

"Harga tiketnya sama seperti TransJakarta biasa," ujar Eri.


Acara ini juga dimeriahkan oleh berbagai macam hiburan, dari senam zumba bersama hingga penampilan akustik dari artis seperti Pasto dan Aliyah Massaid.


Tonton video Bus Listrik Tranjakarta Mejeng di CFD:

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/ibh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed