detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 16:30 WIB

Polres Bekasi Tindak 8 Pengemudi yang Pasang Rotator di Mobil

Isal Mawardi - detikNews
Polres Bekasi Tindak 8 Pengemudi yang Pasang Rotator di Mobil Foto: Ilustrasi (dok.istimewa)
Bekasi - Polisi tengah gencar melakukan razia terhadap pengemudi yang memasang rotator, strobo atau sirine pada kendaraannya. Di Kabupaten Bekasi ada 8 pengemudi yang ditindak karena memasang rotator dan sirine.

"Tidak ada yang ditilang, namun 8 pengemudi mobil ditegur dan disuruh melepas (sirine dan rotator)," ujar Kanit Laka Lantas Polres Metro Bekasi , AKP Makmur, saat dikonfirmasi, Jumat (21/6/2019).

Razia tersebut dilakukan di jembatan Flyover Cibatu, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Rabu (19/6) lalu. Petugas mencopot rotator di kendaraan yang kedapatan memasang.



"Tidak disita, hanya disuruh melepas saja," ujar Makmur.

Dihubungi terpisah, Kasatlantas Polres Metro Bekasi, AKBP Ojo Ruslani, mengatakan hanya kendaraan tertentu yang diizinkan menggunakan sirine dan rotator.

"Penggunaan sirine sudah ada aturannya di UU Lalu Lintas. Salah satunya untuk sirine dan rotator yang berwarna biru itu alokasinya hanya untuk polisi, kemudian warna merah untuk ambulans dan kendaraan tempur TNI, kemudian rotator kuning untuk angkutan berat truk tronton dan lain-lain," ujar Ojo.

Penindakan pengendara bersirine dan rotator sesuai dengan UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.




(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com