Penangguhan Penahanan Dikabulkan, Soenarko Berkemas di Rutan Guntur

ADVERTISEMENT

Penangguhan Penahanan Dikabulkan, Soenarko Berkemas di Rutan Guntur

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 21 Jun 2019 11:58 WIB
Foto: Kondisi Pomdam Jaya Guntur (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Polri mengabulkan permohonan penangguhan penahanan eks Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko. Saat ini Soenarko berkemas dan bersiap keluar Rutan Guntur.

Pantauan detikcom di Rutan Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2019), pukul 11.35 WIB tampak kondisi Pomdam Jaya Guntur masih sepi. Beberapa kendaraan juga terlihat keluar masuk Pomdam Jaya Guntur.

Pengacara Soenarko, Tonin Tachta, mengungkapkan kliennya sudah mulai berkemas dan bersiap dijemput. Namun Tonin belum bisa memastikan seperti apa prosesnya nanti.


"Iya kalau beliau sih sudah bersiap siap dijemput, nah itu aja, lebih jauh bisa tanya ke Mabes Polri. Udah berkemas-kemas yang jelas," ucap Tonin.

Terkait berkas-berkas penangguhan penahanan Soenarko, Toni menyebut itu semua sepenuhnya disiapkan Mabes Polri. Namun surat penangguhan sudah siap ditandatangani oleh Soenarko.

"Itu berkas semua Mabes Polri, pengeluaran Mabes Polri. Surat penangguhannya sudah, nanti Pak Soenarko yang tanda tangan," ungkap Tonin.


Selain itu, Tonin juga menjelaskan mekanisme selanjutnya dari penangguhan penahahan Soenarko. "Mekanisme dia (penyidik) datang, abis itu, kalau dia (penyidik) beresin di rutan ya keluar, atau dibawa dulu ke Mabes saya nggak tahu, jadi bisa lepas di Mabes Polri, bisa lepas di situ," jelas Tonin.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta penangguhan penahanan terhadap Soenarko. Tak hanya Hadi, Luhut Binsar juga menjadi salah satu penjamin penahanan eks Danjen Kopassus itu. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan keduanya menjamin Soenarko dengan alasan empati dan sebagai senior.

"Alasan Panglima TNI sebagai penanggung adalah beliau sebagai pembina keluarga besar TNI dan beliau berempati kepada Pak Soenarko. Alasan Pak Luhut sebagai penanggung sebagai senior Kopassus," sebut Dedi. (maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT