detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 10:28 WIB

Sidang Sengketa Pilpres

Saksi 01: Tak Ada Protes soal Waktu Pengesahan Hasil Pemilu Lebih Maju

Faiq Hidayat, Dwi Andayani - detikNews
Saksi 01: Tak Ada Protes soal Waktu Pengesahan Hasil Pemilu Lebih Maju Saksi dari Jokowi-Ma'ruf, Candra Irawan, di MK (Foto: YouTube MK)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Hakim konstitusi Suhartoyo menanyakan tentang ada-tidaknya protes atau keberatan atas majunya jadwal pengesahan rekapitulasi nasional oleh KPU dari jadwal yang sudah ditentukan pada saksi yang diajukan tim hukum Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Menurut saksi atas nama Candra Irawan itu, tidak ada protes atau keberatan dari para pihak yang hadir.

"Saudara Saksi tahu kenapa alasan pengesahan perolehan suara oleh KPU itu waktunya dimajukan?" tanya Suhartoyo kepada Candra dalam persidangan di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019).

Candra mengatakan, saat itu, proses rekapitulasi telah selesai sehingga KPU meminta persetujuan tiap pihak yang hadir untuk pengesahan. Candra menyebut, pada jadwal yang ditentukan KPU, sebenarnya pengesahan akan dilakukan pada 22 Mei 2019. Tetapi, lantaran tahapan sudah tuntas pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU meminta persetujuan.




"Saat itu dimintakan persetujuan pada seluruh saksi dan tanggal 21 Mei itu pun tahapan rekapitulasi terakhir di Papua," kata Candra.

"Sejauh yang saya tahu, tidak ada polemik terkait dengan memajukan jadwal itu," imbuh Candra.

"Tidak pernah ada forum untuk meminta persetujuan atau memang tidak ada yang protes?" tanya Suhartoyo lagi.

"Ada forum persetujuan untuk meminta pengesahan, tetapi tidak ada yang protes kenapa harus dimajukan tanggal 21," jawab Candra.


Seberapa Kuat Daya 'Magis' dari Saksi Prabowo di MK? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/imk)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed