detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 16:00 WIB

Kemenhub Kirim Kapal Bantuan Evakuasi Kapal yang Tenggelam di Sumenep

Nurcholis Maarif - detikNews
Kemenhub Kirim Kapal Bantuan Evakuasi Kapal yang Tenggelam di Sumenep Kapal motor Arim Jaya tenggelam di antara Pulau Sapudi dan Pulau Giliyang. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Ditjen Perhubungan Laut mengerahkan kapal patroli KNP Grantin untuk ikut mengevakuasi dan mencari korban kapal motor (KM) Arim Jaya yang karam di perairan Sumenep pada Senin (17/6/2019).

KM Arim Jaya yang membawa penumpang berangkat dari Pelabuhan Gowa-Gowa mengalami kecelakaan di perairan Sumenep, tepatnya antara Pulau Sapudi dan Pulau Giliyang sekitar pukul 15.00.


Kepala Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget Supriyanto, mengatakan telah berkoordinasi dengan instansi terkait di Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Sumenep untuk membantu proses pencarian korban.

"KSOP Kalianget dan PLP Surabaya juga telah mengerahkan kapal patroli KN Grantin untuk bergabung dalam operasi gabungan pencarian korban bersama instansi terkait yang terlibat, antara lain tim SAR Basarnas Surabaya, Polair Sumenep, dan BPBD Sumenep," ujar Supriyanto dalam keterangannya Rabu (19/6).

Lanjut Supriyanto, KNP Grantin diberangkatkan dari dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Surabaya menuju lokasi karam KM Arim Jaya.

Sebelumnya, Supriyanto juga mengatakan bahwa kapal tersebut biasanya digunakan untuk mencari ikan, bukan mengangkut penumpang. Meski telah disosialisasi berulang kali, Supriyanto mengaku sering tidak digubris.


Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Fattah Jasin juga mengatakan, baik kapal yang tenggelam maupun pelabuhannya tidak mengantongi izin. Meskipun tidak resmi, kerap dipakai masyarakat untuk menyeberang.

"Di kawasan Pelabuhan Raas itu sudah ada pelabuhannya, sudah ada, sudah kami bangun pelabuhan penyeberangannya. Ada di Raas, tapi mereka langsung, itu ilegal, kapalnya juga tidak berizin," pungkas Fattah.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed