detikNews
Senin 17 Juni 2019, 11:59 WIB

KPU akan Serahkan Jawaban atas Gugatan Prabowo Sebelum Sidang

Dwi Andayani - detikNews
KPU akan Serahkan Jawaban atas Gugatan Prabowo Sebelum Sidang KPU (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - KPU menyiapkan jawaban atas perbaikan permohonan gugatan tim hukum Prabowo-Sandi dalam sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Jawaban itu direncanakan diserahkan besok pagi sebelum sidang.

"Selasa, sebelum sidang," ujar komisioner KPU Hasyim Asyari saat dihubungi, Senin (17/6/2019).


Ditemui secara terpisah, komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan pihaknya menyiapkan jawaban sesuai dengan gugatan tim hukum Prabowo.

"Kami sudah menyiapkan beberapa bahan atau jawaban terkait permohonan dari pengacara 02. Artinya, prinsipnya bahwa 02 kan melakukan perbaikan permohonan sehingga kita akan menjawab perbaikan permohonan tersebut," kata Ilham.

Ilham menyebut salah satu jawaban tersebut, yaitu terkait Sistem Informasi Penghitungan (Situng). Menurutnya, jawaban tersebut sebelumnya juga telah disampaikan kepada masyarakat.

"Ada beberapa hal terkait dengan misalnya daftar pemilih tetap, kemudian terkait dengan sistem informasi perhitungan. Tentu saja kita akan jawab sesuai dengan data yang kita punya sebelumnya kita sudah sampaikan kepada masyarakat," kata Ilham.

"Seperti Situng ini kan kita sudah sampaikan kepada masyarakat, kita infokan kepada masyarakat dan tidak ada masalah menurut kami. Karena setiap kesalahan-kesalahan entri data ternyata sudah kami perbaiki dan kita sampaikan kepada publik," sambungnya.


Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) sebelumnya sempat menskors sidang gugatan Pilpres 2019. Sidang akan dilanjutkan pada Selasa, 18 Juni, dengan agenda mendengarkan tanggapan dari KPU.

Sidang pada Selasa, 18 Juni, memberikan kesempatan kepada KPU untuk menanggapi materi gugatan yang baru saja dibacakan oleh tim kuasa hukum Prabowo-Sandi.

"Dengan demikian, sidang dilanjutkan Selasa, 18 Juni 2019, pukul 09.00 WIB," ujar Ketua MK Anwar Usman di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (14/6), pukul 15.15 WIB.
(dwia/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com