detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 18:14 WIB

Wali Kota Serang Minta Dishub Tertibkan Parkir Liar di Banten Lama

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Wali Kota Serang Minta Dishub Tertibkan Parkir Liar di Banten Lama Wali Kota Serang Syafrudin (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)
Serang - Wali Kota Serang Syafrudin mengakui banyak parkir liar muncul di kawasan wisata religi Banten Lama. Tukang pungut liar ini meresahkan wisatawan karena memungut di luar ketentuan.

"Banyak parkir liar di sana itu. Yang kita kelola hanya 2 titik yaitu di Sukadiri dan kawasan penunjang wisata (KPW)," kata Syafrudin saat ditemui wartawan di Serang, Banten, Kamis (13/6/2019).

Ia mengakui bahwa ada pungutan parkir liar ke pengunjung di harga Rp 5 ribu ke atas. Jika mengaku pada aturan Perda 13 tahun 2014 yang berisi aturan retribusi parkir, maka itu di luar ketentuan. Karena harga parkir motor hanya Rp 1.000, roda 4 Rp 2 ribu dan mobil di atas 9 penumpang Rp 7 ribu lima ratus.


"Kalau sekarang ada tiket lebih dari itu berarti di luar ranah Kota Serang," ujarnya.

Karcis parkir liar di Kawasan Banten LamaKarcis parkir liar di Kawasan Banten Lama (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)

Syafrudin menyebut bahwa ada kelompok dan organisasi di luar Pemkot Serang yang memanfaatkan pengunjung saat Banten Lama didatangi wisatawan yang ingin berziarah.

"Kalau disebut oknum tidak kalau disebut bukan dirasa oknum juga. Karena ada masyarakat memanfaatkan kesempatan baik dari ormas maupun OKP (organisasi kepemudaan)," ujarnya.

Belakangan, karena dikeluhkan pengunjung, Syafrudin meminta Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar di kawasan itu.


"Kita perintahkan untuk segera melakukan pengecekan di lapangan kalau masih ada karcis liar di luar produk kami. Segera diambil dan segera ditata Banten lama baik parkir maupun yang lainnya," ujarnya.

Kawasan Banten Lama
merupakan daerah bekas peninggalan kesultanan Banten. Di kawasan ini berdiri reruntuhan Keraton Surosowan, Masjid Agung Banten dan lokasi ziarah ke makam sultan-sultan.
(bri/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed