detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 17:03 WIB

Curi Kamera Turis Jerman di Bali, WN Aljazair Diadili

Aditya Mardiastuti - detikNews
Curi Kamera Turis Jerman di Bali, WN Aljazair Diadili WN Aljazair diadili di Bali karena mencuri kamera. (Foto: Dita/detikcom)
Denpasar - Warga negara (WN) Aljazair, Mohammed Kherici (34), didakwa melakukan pencurian kamera DSLR milik turis Jerman. Kherici nekat mencuri karena kehabisan ongkos.

"Bahwa terdakwa Mohammed Kherici pada Selasa (19/3), sekitar jam 17.30 Wita, bertempat di The Kubu Room E Poppies I Gg Sorga,Kuta, Badung, mengambil barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum," kata jaksa Ni Putu Trisna Dewi saat membacakan dakwaan di PN Denpasar, Jl PB Sudirman, Denpasar, Bali, Kamis (13/6/2019).

Jaksa mengatakan kala itu terdakwa check in di kamar hostel yang ditempati enam orang. Saat kamar dalam keadaan kosong, muncul niat terdakwa untuk mengambil tas di dalam kamar tersebut.


"Saat itu terdakwa melihat ada kamera di dalam sebuah tas yang dalam keadaan terbuka yang ada di lantai sebelah tempat tidur terdakwa, kemudian timbul niat terdakwa untuk mengambil barang-barang yang ada di dalam kedua tas yang ada di dalam kamar tersebut," urai Trisna.

Tas kamera berwarna hitam berisi 1 penutup lensa warna hitam, 1 kamera Canon 6D warna hitam dan lensa 50 mm, 1 lensa kamera Canon 16-35 mm warna hitam, 2 baterai kamera, 1 kabel warna putih, 1 charger baterai kamera+kabel, serta uang tunai sebesar Rp 3,2 juta. Kemudian, di tas kamera warna hitam kuning terdapat 1 kamera Canon Eos 550D+lensa, 1 GoPro Hero, 1 charger kamera+kabel, 1 stik pemegang kamera untuk di kepala merek GoPro, 1 tali pemegang kamera untuk di badan GoPro.

Setelah semua barang itu dipindahkan ke tas milik terdakwa, tak lama kemudian terdakwa kabur. Namun, tidak lama setelah kabur, terdakwa menyesal dan kembali ke hostel tersebut untuk mengembalikan barang itu.


"Namun di hostel ternyata telah ramai orang berkumpul untuk menangkap terdakwa. Selanjutnya terdakwa mengakui telah mengambil barang-barang milik saksi Vicente Cubillos dan Friedrich Bernhard Menslage. Terdakwa mengakui mengambil barang-barang tersebut untuk dimiliki yang rencananya akan terdakwa jual karena terdakwa telah kehabisan uang," ujar Trisna.

Atas perbuatannya mengambil kamera tersebut korban diperkirakan mengalami kerugian senilai Rp 61,7 juta. Terdakwa dijerat dengan pasal 362 KUHP.
(ams/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed