detikNews
2019/06/13 07:50:34 WIB

Round-Up

Tak Ada Lagi Operasi Yustisi, Tapi Warga Tak Diundang ke DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tak Ada Lagi Operasi Yustisi, Tapi Warga Tak Diundang ke DKI Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Operasi yustisi yang kerap digelar di DKI Jakarta setelah Lebaran kini telah tiada. Operasi penertiban orang-orang pendatang itu diputuskan tak akan lagi digelar di Jakarta setelah Lebaran 2019 (1440 H).

Adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menghentikan operasi yustisi. Namun, Anies menegaskan penghilangan operasi yustisi bukan berarti mengundang orang untuk tinggal di Jakarta.

"Kita kebijakannya adalah kesetaraan. Bukan berarti Pemprov DKI mengundang orang datang ke DKI Jakarta, tidak. Kita hanya menerapkan kesetaraan seperti kota lain," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).


Ilustrasi operasi yustisi.Ilustrasi operasi yustisi (Dwi Andayani/detikcom)


Anies memastikan semua warga akan dilayani dengan baik di Jakarta. Eks Mendikbud itu menganggap operasi yustisi seolah-olah mendiskreditkan orang-orang dari luar Ibu Kota.

"Kita nggak lakukan operasi-operasi di terminal, stasiun. Apalagi orang diperiksa, digelandang punya KTP apa tidak. Seakan-akan yang KTP luar Jakarta seperti warga kelas dua," jelasnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed