detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 18:53 WIB

Arus Balik di Terminal Kp Rambutan Didominasi Pemudik dari Jabar-Sumatera

Rolando - detikNews
Arus Balik di Terminal Kp Rambutan Didominasi Pemudik dari Jabar-Sumatera Terminal Kampung Rambutan ramai dipenuhi pemudik yang kembali ke Jakarta. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Belasan ribu pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, hari ini. Kebanyakan pemudik yang tiba di Terminal Kampung Rambutan berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera.

"Kalau kita lihat dari dominasi pemudik yang saat ini, menurut dari data kami itu dari Jawa Barat seperti Banjar, Garut, Tasik. Akan tetapi terkait dengan kendaraan yang mendominasi kedua itu dari Jawa Tengah seperti Purwokerto, Pemalang, maupun Tegal," ujar Kepala Satuan Pelaksana Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (9/6/2019).

"Yang ketiga ada dari Merak itu salah satunya dari Sumatera," imbuhnya.




Hingga malam nanti, Thofik memprediksi intensitas pemudik yang memasuki Terminal Kampung Rambutan akan tetap tinggi. Namun, pemudik tersebut berasal dari jarak dekat, sekitar Jawa Barat.

"Kalau nanti malam kita prediksi masih ramai. Akan tetapi, hanya saja jaraknya didominasi itu jarak dekat seperti Cianjur, Sukabumi maupun Bogor. Kalau dari kemarin artinya dari Singaparna, Banjar, dan Tasik," jelas Thofik.

Untuk pemudik jarak jauh, dikatakan Thofik, sudah tiba lebih dulu. Data pengelola terminal, jumlah pemudik yang sudah tiba sebanyak 15 ribu orang.




"Kalau dari jarak jauh memang sudah berangsur mulai tanggal 8 Juni kemarin. Tapi angka puncaknya itu mulai tadi subuh. Makanya perhitungan kami tadi mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan saat ini (sore) sudah mencapai 15 ribu," tuturnya.

Sebelumnya, para pemudik dalam arus balik tahun ini terus menerus memasuki Jakarta. Pada sore hari ini, sudah 15 ribu lebih pemudik berdatangan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

"Untuk situasi update terakhir di terminal kampung rambutan yang tiba itu sudah mencapai angka 15.784 dari mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB," ujar Thofik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (9/6).


PT KAI: 50% Warga Jakarta Akan Kembali Setelah H+10 Lebaran:

[Gambas:Video 20detik]


(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed