detikNews
Sabtu 08 Juni 2019, 17:41 WIB

Jumlah Penumpang Kereta yang Kembali ke Jakarta Diprediksi Capai 970 Ribu

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumlah Penumpang Kereta yang Kembali ke Jakarta Diprediksi Capai 970 Ribu Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta - PT KAI Daop I Jakarta memprediksi jumlah penumpang yang menggunakan kereta sebagai angkutan Lebaran mencapai 970 ribu. Jumlah tersebut diprediksi tidak akan jauh berbeda antara keberangkatan dan kedatangan.

"Total selama 22 hari, jadi dari H-10 sampai H+10 itu 22 hari, insyaallah prediksi kami bisa sampai 970 ribu yang akan diangkut dari Jakarta, dan mungkin baliknya juga nggak akan jauh sih," kata Kepala PT KAI Daop I Jakarta Dadan Rudiansyah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2019).




Menurut Dadan, jumlah tersebut hingga saat ini masih sesuai dengan prediksi awal. Dadan juga menyebut puncak arus balik di Stasiun Pasar Senen terjadi pada 8-9 Juni 2019.

"Puncak arus balik ya tanggal 8-9 (Juni) ya, jadi Sabtu-Minggu, hari kemarin 23 ribu, sekarang 23 ribu (penumpang)," ucap Dadan.

Pemudik yang kembali ke Jakarta, disebut Dadan, mayoritas berasal dari daerah Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Sidoarjo, dan Purwokerto. Stasiun Pasar Senen tidak akan menambah jumlah kereta untuk mengantisipasi puncak arus balik.

"Kalau kereta tambahan ya seperti yang kemarin waktu yang berangkat saja. Kalau dari sini tetap ya, persis sama. Kalau dari Pasar Senen ya 10, dan (kereta tambahan) ekstranya 2," jelasnya.




Untuk diketahui, berdasarkan data terbaru dari Posko Angkutan Lebaran Stasiun Pasar Senen, hari ini tercatat ada 23.102 pemudik yang kembali ke Jakarta, sehingga total pemudik yang telah kembali selama 6-9 Juni 2019 berjumlah 66.606 penumpang.

Untuk keberangkatan, hari ini tercatat ada 26.071 penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Dengan penambahan tersebut, akumulasi pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dari 26 Mei hingga 8 Juni 2019 berjumlah 357.154 penumpang.
(azr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed