detikNews
Jumat 07 Juni 2019, 17:40 WIB

Setelah Hanum, Polisi Bakal Periksa Pihak Lain Penyebar Hoax Ratna

Farih Maulana - detikNews
Setelah Hanum, Polisi Bakal Periksa Pihak Lain Penyebar Hoax Ratna Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya memeriksa putri Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Hanum Rais, dalam pengembangan kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet. Setelah Hanum, polisi bakal memeriksa pihak lain yang turut menyebar hoax penganiayaan Ratna.

"Ya tentu nanti pasti penyidik yang akan mengembangkan, kita tunggu saja. Penyidik kan pasti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (7/6/2019).



Namun Argo tak menjelaskan siapa orang yang bakal dipanggil terkait kasus itu. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik.

"Karena yang diperiksa Hanum. Dia kan salah satu yang sempat mengabarkan. Ya tentunya pasti ada yang dengan menyebarkan, berita bohong juga ada berkaitan seperti itu. Tapi nanti penyidik akan mengembangkan seperti itu," ujar dia.



Hanum diperiksa di Polda Metro Jaya pada Senin (27/5). Hanum dipanggil polisi karena dia adalah salah satu orang yang menyebarkan informasi bahwa luka lebam di wajah Ratna adalah bekas penganiayaan.

"(Pemeriksaan terkait) HR (Hanum Rais) memberitakan kalau RS (Ratna Sarumpaet) dianiaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (28/5/2019).

Diketahui, Ratna didakwa membuat keonaran lewat hoax penganiayaan. Ratna disebut menyebarkan hoax kepada sejumlah orang lewat pesan WhatsApp, termasuk mengirimkan gambar wajah lebam dan bengkak yang diklaim akibat penganiayaan.

Akibat rangkaian kebohongan Ratna Sarumpaet, menurut jaksa, masyarakat menjadi gaduh. Muncul juga sejumlah unjuk rasa karena kasus hoax Ratna Sarumpaet.

Atas perbuatan itu, Ratna Sarumpaet dijerat dengan Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Dalam sidang tuntutan di PN Jaksel, Selasa (28/5), Ratna dituntut 6 tahun penjara.


Alasan Jaksa Tuntut Ratna Sarumpaet 6 Tahun Bui:

[Gambas:Video 20detik]


(knv/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed