detikNews
Kamis 06 Juni 2019, 21:09 WIB

Cerita Mereka yang Sigap Jaga Kebersihan Monas di Libur Lebaran

Matius Alfons - detikNews
Cerita Mereka yang Sigap Jaga Kebersihan Monas di Libur Lebaran Petugas kebersihan di Monas (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Kawasan Monas jadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang ramai dikunjungi warga saat masa libur Lebaran. Di tengah keramaian itu, ada mereka yang sigap menjaga kebersihan kawasan wisata ini.

Salah satunya adalah Yudhi (45). Pria yang mengaku sudah lima tahun menjadi petugas kebersihan Monas ini mengatakan sudah biasa bekerja ekstra untuk membersihkan kawasan Monas saat libur Lebaran.

"Ya kalau capek, ya capek sih, tapi setiap tahun udah biasa kayak begini. Sudah 5 tahun kerja jadi petugas kebersihan. Memang Lebaran dan tahun baru ya begini. Kita jalani saja," ujar Yudhi di sela membersihkan sekitar pintu Timur Monas, Kamis (6/6/2019).



Yudhi berharap para pengunjung kawasan Monas membantu mereka dengan tidak membuang sampah sembarangan. Menurutnya, membuang sampah pada tempat yang telah disediakan merupakan upaya bersama menjaga kenyamanan kawasan Monas.

"Ya harapannya, masyarakat bantu kita saja, lebih tertib lagi. Maksudnya, kesadaran sudah, cuma ditingkatkan lagi kesadarannya. Kan buat kita bersama juga," sebutnya.

Selain itu, Yudhi punya harapan lain di hari Lebaran ini. "Mudah-mudahan, ya kalau boleh naik lagi gaji, alhamdulillah, membantu juga," ujar Yudhi.



Dia tak sendirian. Ada petugas kebersihan lain yang terlihat bekerja membersihkan kawasan Monas. Pria itu bernama Bewok.

Bewok mengaku tidak kaget dengan melonjaknya jumlah pengunjung pada hari libur ini. Meski mengaku lelah, dia mengatakan semua hal harus tetap disyukuri.

"Ya itu sudah nggak kaget, Pak. Sudah 9 tahun saya di sini, nggak kaget lagi. Hadapi saja apa pun, namanya orang kerja. (Penghasilan) kurang-nggak kurang, kita harus bersyukur terus. Namanya profesi begini. Rezeki insyaallah sudah ada yang atur. Kita usaha saja yang penting," ucapnya.
(maa/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed