Tol Cikampek Padat, Kakorlantas: Sepertinya yang Lebaran di Jakarta Baru Mudik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 06 Jun 2019 12:31 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri (Isal/detikcom).
Jakarta - Tol dari Jakarta yang mengarah ke Cikampek sejak pagi tadi mengalami kepadatan. Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menduga ini terjadi karena masih banyak warga yang baru mudik setelah berlebaran di Jakarta.

"Sepertinya yang Lebaran di Jakarta baru mudik hari ini, tepatnya sejak dini hari tadi," kata Refdi kepada wartawan, Kamis (6/6/2019).



Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin menyampaikan pernyataan senada. Selain itu, sambung Benyamin, kepadatan terjadi karena banyak warga yang hendak ke tempat wisata.

"Banyak yang masih ada acara di Jakarta. Biasanya ini adalah orang-orang yang rekreasi dan jarak-jarak dekat sebelum Cirebon," ujarnya.



Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Jasa Marga, kemacetan lalu lintas terjadi di sejumlah titik di Tol Jakarta yang mengarah ke Cikampek pada pagi ini. Kemacetan terjadi karena peningkatan volume kendaraan.

"Jakarta-Cikampek masih ada kepadatan dari Jatiwaringin sampai Cikunir, (yaitu) dari Km 5 sampai Km 10, imbas volume kendaraan. Setelahnya dari Km 10 sampai Km 14 juga padat," kata petugas call center PT Jasa Marga, Chika, saat dihubungi pukul 10.30 WIB, Kamis (6/6/2019).



Setelah itu, kemacetan juga terjadi dari Km 15 sampai Km 19. Kepadatan itu karena antrean keluar-masuk rest area Km 19.

Kepadatan kembali terjadi di Km 21-29. Setelah Cikarang Utama, kepadatan juga terjadi di Km 31 Cikarang Barat sampai rest area Km 39. Setelahnya, terjadi kepadatan lagi dari Karawang Barat Km 46 sampai rest area Km 57.

Kepadatan kendaraan ini berlanjut sampai Tol Cipali. Imbasnya, polisi memberlakukan sistem satu arah atau one way dari Gerbang Tol Cikampek Utama sampai Palimanan.

"Karena padat memang di rest area itu, masyarakat tidak tertib mau masuk rest area. Pengin berhenti di rest area," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin saat dihubungi.

One way diterapkan mulai pukul 11.00 WIB. One way ini diterapkan untuk mengurai kemacetan yang disebabkan antrean kendaraan di rest area.


Bagaimana pengalaman mudik Anda tahun 2019 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi! (knv/hri)