detikNews
Senin 03 Juni 2019, 14:05 WIB

TKN Puji Kaesang Minta Netizen Tak Bandingkan Kostum Takziahnya dengan Sandi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
TKN Puji Kaesang Minta Netizen Tak Bandingkan Kostum Takziahnya dengan Sandi Raja Juli Antoni (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin memuji sikap Kaesang Pangarep yang meminta netizen untuk tak membandingkan cara berpakaiannya saat melayat ke persemayaman Ani Yudhoyono dengan kostum Sandiaga yang saat takziah ke mantan Kapolri Jenderal Awaloedin Jamin. TKN menilai sikap putra bungsu Jokowi itu sangat baik.

"Iya. Baik sekali (sikap Kaesang). Bahkan kakaknya malah minta maaf juga atas 'kesalahan' adiknya," ujar Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Raja Juli Antoni, kepada wartawan, Senin (3/6/2019).


Pria yang akrab disapa Toni itu mengungkapkan tak hanya Kaesang, sikap terpuji pun ditunjukkan Gibran Rakabuming dalam menanggapi persoalan pakaian ini. Sang kakak, kata Toni, ikut meminta maaf atas cara berpakaian Kaesang saat melayat Ani Yudhoyono di KBRI Singapura.

Toni pun meminta semua pihak menyudahi pro-kontra cara berpakaian putra orang nomor satu itu di Indonesia dalam melayat. Apalagi perdebatan itu kemudian merembet hingga ke ranah politik dan mengungkit cara berpakaian Sandiaga.

"Akibat nyinyirin Kaesang, akhirnya sebagian netizen juga nyinyir ke Pak Sandi yang pakai kostum olahraga ketika melayat seseorang. Jadi nggak akan selesai kalau hal sepele seperti pakaian dibesar-besarkan. Kita kehilangan substansi kenapa kita mesti berbagi duka sesama anak bangsa. Berbagi suka dengan teman senegara. Semoga yang begini tidak terjadi lagi pasca-Lebaran nanti," tuturnya.

Politikus PSI itu pun mengatakan, yang terpenting adalah bahwa Kaesang memiliki niat baik yang tulus untuk melayat Ibu Negara Presiden RI ke-6 itu.

"Kita mesti berhenti saling menyalahkan. Kita pasti bisa melihat sisi positif dari hal negatif sekalipun. Pengurus Demokrat yang menjadi saksi mata kedatangan Kaesang ke tempat duka. Mereka mengapresiasi Kaesang," kata Toni.

Sebelumnya, sikap Kaesang tersebut menanggapi pro-kontra warganet terhadap pakaian yang dikenakannya saat melayat ke persemayaman Ani Yudhoyono di KBRI Singapura. Pro-kontra itu kemudian menyeret cawapres Sandiaga Uno.

Warganet membandingkan pakaian Kaesang, yaitu celana jins dan kaus lengan panjang warna hitam, dengan pakaian Sandiaga, yakni kaus berwarna biru dengan celana pendek hitam yang dipadukan dengan legging dan kaus kaki, saat melayat almarhum Jenderal Awaloedin Jamin. Menurut warganet, cara berpakaian Sandiaga lebih tak sopan ketimbang Kaesang.

"Aku jadi Penasaran krn banyak Polemik mengenai kostum @kaesangp yg dinyinyirkan oleh para Kampret Gurun dibanding @sandiuno. Sama2 datang utk Bertakziah. Nah sekarang menurut anda, mana yg lebih Sopan? 1. Kaesang dgn Jeans.........RT πŸ” 2. Sandi dgn celana pendek...Like ❀," tulis akun @APLpangeran1.


Kaesang pun lantas membalas cuitan itu. Dia meminta warganet tidak membandingkan kostumnya saat melayat ke Ibu Ani dengan kostum Sandiaga saat melayat ke mantan Kapolri Jenderal Awaloedin Jamin.

"Sudah sudah, tidak usah membandingkan. Tidak bakal ada selesainya. Yang penting jangan lupa mendoakan bagi orang yang sudah mendahului kita πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ," balas Kaesang.



Simak Juga "Alasan Kaesang Belum Lulus Kuliah":

[Gambas:Video 20detik]


(mae/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed