detikNews
2019/06/03 04:30:00 WIB

Round-Up

Tokoh Negeri Melepas Bu Ani

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tokoh Negeri Melepas Bu Ani Mendiang Ani Yudhoyono-Foto: instagram
Jakarta - Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, telah diantarkan ke peristirahatan terakhirnya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6). Ani wafat pada Sabtu (1/6) setelah selama empat bulan berjuang melawan kanker darah dan menjalani perawatan di Singapura.

Dirangkum detikcom, Senin (3/6/2019), kepergian Ani membawa duka bagi bangsa Indonesia. Sejumlah tokoh bangsa menyampaikan ucapan duka cita sekaligus kenangan tentang sosok Ani untuk melepas kepergiannya.

Di antaranya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman Ani. Dalam sambutannya, Jokowi mendoakan Ani husnul khotimah.


Jokowi mengenang Ani sebagai pejuang kemanusiaan. Ani Yudhoyono disebut sebagai inspirasi bagi Indonesia.

"Kepada keluarga almarhumah yang ditinggalkan, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, semoga Allah memberikan kesabaran dan menerima kepergian almarhumah dengan ikhlas dan tawakal," ujar Jokowi di TMP Kalibata, Jaksel, Minggu (2/6).

Tokoh Negeri Melepas Bu Ani Foto: Upacara pemakaman Ani Yudhoyono (Andhika/detikcom)


Ia juga mengibaratkan Ani bagai bunga flamboyan. Istilah 'flamboyan' ini diambil dari puisi karya SBY untuk Ani.

"Flamboyan telah pergi, namun kita akan tetap hidup di hati kita semua, rakyat Indonesia yang mencintainya," lanjut Jokowi.


Kemudian, ucapan duka cita datang dari Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Bamsoet mengatakan sebagai Ibu Negara, Ani turut menyukseskan pembangunan Indonesia.

"DPR RI dan segenap rakyat Indonesia juga turut mendoakan almarhumah agar segala amal baiknya di dunia diterima di sisi Allah SWT. Sebagai pribadi maupun ibu negara, Ibu Ani Yudhoyono selalu lekat dengan kebaikan. Berbagai kiprahnya selama menjabat ibu negara turut menyukseskan pembangunan Indonesia, khususnya di bidang sosial, pendidikan dan kesehatan," ujar Bamsoet, Sabtu (1/6).

Tokoh Negeri Melepas Bu Ani Presiden Jokowi di pusara Ani Yudhoyono (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Bamsoet mengenang sosok Ani Yudhoyono sebagai wanita yang tangguh, cerminan karakter wanita Indonesia. Sebagai sosok yang lahir dari keluarga pejuang pasangan Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Hj. Sunarti Sri Hadiyah, Ani Yudhoyono tak hanya tangguh secara mental kepribadian, tetapi juga kuat dalam nasionalisme mencintai Indonesia.

"Sepak terjang Ibu Ani Yudhoyono selama menjalani kehidupan dari mulai kanak-kanak, remaja, hingga mendampingi Pak SBY saat menjadi prajurit sampai Presiden Republik Indonesia, sarat dengan pengalaman berharga yang bisa dijadikan pelajaran maupun teladan, khususnya bagi para wanita Indonesia," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed