detikNews
Sabtu 01 Juni 2019, 11:09 WIB

Kemenhub Lepas Ratusan Pemudik Motor Via Kapal ke Lampung dan Semarang

Eva Safitri - detikNews
Kemenhub Lepas Ratusan Pemudik Motor Via Kapal ke Lampung dan Semarang Foto: Eva Safitri/detikcom
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melepas keberangkatan pemudik motor via kapal menuju Lampung dan Semarang. Tercatat ada ribuan pemudik beserta ratusan motor mengikuti kegiatan mudik gratis ini.

Acara peresmian dilakukan di Dermaga Ex. President, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara Sabtu (1/6/2019). Terdapat 4 kapal yang diberangkatkan, masing-masing dua kapal menuju Lampung dan Semarang. Keempat kapal itu diberangkatkan hari ini dengan jam yang berbeda.

Keberangkatan pertama tujuan Semarang diberangkatkan pukul 10.30 WIB menggunakan kapal jenis Roro, kapal ini dilepas secara simbolis oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi.



"Hari ini kami pemberangkatan pertama kali pemudik motor ke Semarang dan kami menyiapkan dua kapal ke Semarang tadinya kami siapkan Surabaya, tapi karena nggak begitu banyak peminat jadi kami alihkan ke Semarang," ujarnya di lokasi.

Terdapat 4 kapal yang diberangkatkan, masing-masing dua kapal menuju Lampung dan Semarang.Terdapat 4 kapal yang diberangkatkan, masing-masing dua kapal menuju Lampung dan Semarang. Foto: Eva Safitri/detikcom


Budi menyebut kapasitas tiap kapal berisi 1000 penumpang dan 500 sepeda motor. Tiap kapal pun menurutnya sudah terisi hampir 100 persen.


"Pertama kali ini sudah terisi penuh 100 persen, nanti yang kedua ke Semarang sekitar 85 persen, kalau full di sini 500 sepeda motor, penumpang 1.000 orang, sesuai dengan kontrak kami. Nanti yang kedua kalau terisi 85 persen berarti sekitar 450 motor dan 900 orang," ucapnya.

Kemudian untuk arus balik, jelas Budi seluruh penumpang juga akan menaiki kapal yang sama. Kapal akan kembali pada 8 Juni 2019. "Sama, dibawa juga dengan kapal ini balik tanggal 8 Juni 2019 kembali ke Jakarta, ada empat kapal juga," jelasnya.

Budi mengatakan dari empat kapal itu, satu di antaranya merupakan kapal perbantuan dari TNI AL jenis Roro. Dalam hal ini pihaknya juga mengucapkan apresiasi kepada pihak terkait.

"Untuk sekarang juga kami ada dibantu oleh TNI AL untuk memberangkatkan pemudik sepeda motor ke Lampung. Jadi kami berterima kasih kepada Panglima TNI dan Kasal yang telah membantu kapal untuk keberangkatan pemudik dari Jakarta ke tujuan," katanya.

Diharapkan dengan adanya mudik gratis ini masyarakat sadar untuk lebih memilih mengunakan moda transportasi jika akan mudim jarak jauh. "Jadi harapan kami adalah yang dibangun mindset masyarakat pertama, bahwa mudik pakai sepeda motor tidak kami rekomendasi karena potensi rawan kecelakaan," jelas Budi.



tonton juga video KMP Feri Bonto Bahari Angkut Penumpang Berlebih:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com