Round-Up

Ridwan Kamil Melawan Tuduhan Desain Masjid Illuminati

Indah Mutiara Kami, Arief Ikhsanudin, Mukhlis Dinilah - detikNews
Jumat, 31 Mei 2019 19:34 WIB
Ridwan Kamil (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)


Emil ikhlas dan memaafkan pihak-pihak yang memviralkan tafsir yang salah soal Masjid Al Safar tanpa tabayun. Bagi Emil, isu itu merusak nama baik dan keimanannya.

"Isu ini pernah dihebohkan oleh pihak yang sama di zaman pilgub 2018 untuk menjelekkan saya saat kampanye. Saya sudah maafkan, move on dan saya hanya berdoa. Alhamdulillah, Allah SWT ternyata lebih mengabulkan doa saya, bukan doa dan harapan mereka," ungkap Emil.

Urbane Indonesia Angkat Bicara

Urbane Indonesia adalah firma yang merancang masjid tersebut bersama Ridwan Kamil. CEO Urbane Indonesia Reza Nurtjahja mengatakan desain segitiga dalam dunia arsitektur merupakan hal yang lumrah. Tak terkecuali dalam konstruksi bangunan masjid modern.

"Karena geometrik itu segitiga, segi empat, lingkaran. Kemudian kita mencoba mencari cara baru dalam dunia arsitektur masjid itu bentuknya bisa bermacam-macam, tidak hanya berkubah saja," kata Reza saat dihubungi, Jumat (31/5/2019).


Masjid rancangan Ridwan Kamil di Makassar / Masjid rancangan Ridwan Kamil di Makassar. (Foto: Muhammad Taufiqqurrahman/detikTravel)

Menurutnya, berubahnya arsitektur masjid di berbagai belahan dunia tak terlepas pengaruh perkembangan zaman. Hal itu juga diikuti oleh Urbane dalam merancang sejumlah bangunan masjid di Indonesia.

"Masjid sendiri kan tidak ada arahan spesifik bentuknya seperti apa, jadi dulu sejarahnya tidak diawali dengan kubah. Indonesia sendiri secara kultur enggak ada kubah, itu budaya impor timur tengah," ungkap dia.



Simak Juga 'Kata Ridwan Kamil soal Simbol Segitiga Masjid Rancangannya':

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(imk/imk)