detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 18:34 WIB

Abu Gunung Agung Mengarah ke Lombok, Penerbangan Masih Normal

Aditya Mardiastuti - detikNews
Abu Gunung Agung Mengarah ke Lombok, Penerbangan Masih Normal Gunung Agung, Karangasem, Bali, Jumat (31/5/2019). (Foto: Dok. BPBD Bali)
Denpasar - Pergerakan abu pasca-erupsi Gunung Agung di Bali diperkirakan sampai di Bandara Lombok Praya. Meski begitu, hingga saat ini aktivitas penerbangan masih berjalan normal.

"Bandara yang terindikasi berada di dalam area volcanic ash Bandara Internasional Lombok Praya," kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali-Nusra Elfi Amir kepada wartawan, Jumat (31/5/2019).

Elfi menjelaskan, dari paper test di Bandara Lombok Praya sampai pukul 18.00 Wita masih negatif abu vulkanik. Meski begitu, pihaknya terus melakukan observasi agar paparan debu vulkanik erupsi Gunung Agung tidak mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan.


"Bandara Internasional Lombok Praya masih beroperasi normal dengan pemantauan ketat dan tidak ada penerbangan terdampak. Airport masih opened/normal," jelasnya.

Erupsi Gunung Agung terjadi pada pukul 11.42 Wita dengan tinggi kolom abu teramati kurang-lebih 2.000 m di atas puncak atau sekitar 5.142 m di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke timur laut dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm durasi sekitar 8 menit 4 detik.


Akibat erupsi itu, sejumlah desa di Kabupaten Karangasem dilanda hujan abu dan hujan pasir. Di antaranya Kedampal, Desa Datah; dan Butus, Desa Buana Giri, mengalami hujan pasir.

Kemudian Dusun Nangka, Desa Nawakerti, Bukit Galah, dan Desa Ababi mengalami hujan abu. Sedangkan di Desa Pidpid terpantau hujan abu tipis.


Simak Juga 'Gunung Agung Erupsi, Warga Denpasar Ikut Terpapar Abu':

[Gambas:Video 20detik]


(ams/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed