Round-Up

Hina Rezim Petahana, Jerry D Gray Dituduh Mata-mata

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Mei 2019 19:00 WIB
Foto: Jerry D Gray (Farih Maulana/detikcom)
Foto: Jerry D Gray (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Jerry Duane Gray menuai sensasi dengan melontarkan tuduhan terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Bule kelahiran Jerman itu menghina rezim petahana dan kini dituduh mata-mata.

Jerry jadi sensasi lewat video viral di media sosial berisi tuduhan kepada pemerintahan Jokowi. 'Pak Jerry', begitu dia disebut dalam video itu, menyebut era saat ini disusupi komunisme.

"Sudah jelas ada infiltrasi komunis dan lain-lain masuk ke Indonesia mau diambil negara ini untuk dia punya sendiri. Rakyat Indonesia bukan muslim saja, kita semua harus bersatu, harus maju sampai negara ini jujur lagi sampai Presiden Republik Indonesia nama Prabowo, bukan nama yang sekarang," tutur Jerry dalam video, seperti dilihat detikcom, Selasa (28/5/2019).


Polisi, lewat patroli cyber mereka, lantas melakukan penelusuran terkait video Jerry Duane Gray. Mantan tentara Amerika Serikat (AS) yang kini berstatus WNI itu akhirnya ditangkap aparat Polres Jakbar karena menyebarkan hate speech.

Jerry D Gray ditangkap di rumahnya di kawasan Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, pada Selasa (28/5) pagi. Polisi menyebut Jerry menyebarkan ujaran kebencian itu karena terprovokasi hoax soal Brimob China.

Bagi Istana, Jerry patut dicurigai. Bukan sembarang alasan pihak Istana meminta polisi serius menyelidiki Jerry.

Selanjutnya
Halaman
1 2