detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 17:35 WIB

Kakorlantas Sebut Sepeda Motor Masih Jadi Idola Pemudik di Jalur Pantura

Isal Mawardi - detikNews
Kakorlantas Sebut Sepeda Motor Masih Jadi Idola Pemudik di Jalur Pantura Foto: Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri (Isal Mawardi/detikcom)
Cirebon - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menyebut warga yang membawa kendaraan pribadi masih mendominasi arus mudik. Ia menyebut kendaraan sepeda motor masih menjadi idola pemudik di Jalur Pantura.

"Memang arus kendaraan sepeda motor ini sebagian masyarakat kita masih jadi idola," ujar Refdi kepada wartawan usai peninjauan Pos Terpadu Cirebon, Jalan Otto Iskandardinata, Weru, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019).


Walau pemerintah telah memfasilitasi masyarakat dengan sejumlah program mudik gratis, namun hal itu disebut tak menyurutkan niat pemudik menggunakan motor untuk pulang kampung.

Refdi menduga alasannya karena warga tak ingin mengalami kesulitan akses transportasi saat di kampung halaman.

"Walaupun pemerintah kita juga menyiapkan mudik gratis, kemudian membawa kendaraan gratis dengan moda transportasi tertentu seperti kapal dan bus, kemudian masyarakatnya pulang dengan bus, tetapi masih banyak masyarakat yang ingin kendaraan itu pulang bersamanya dan digunakan di kampung halaman bersamanya," ujar Refdi.


Refdi berharap pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat mempersiapkan kendaraannya sedetail mungkin. Serta, ia mengingatkan agar pengendara memperoleh istirahat yang cukup agar tetap fit saat berkendara.

"Kemudian pada ruas-ruas tertentu kita menyiapkan titik istirahat, sebagaimana pada ruas tol. Jadi tol dan pantura sama (terdapat pos bagi pemudik)," ujar Refdi.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com