Perbaikan Jalan Lintas Timur Palembang-Jambi Selesai H-4 Lebaran

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 29 Mei 2019 17:11 WIB
Perbaikan Jalan Lintas Timur Sumatera. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Perbaikan Jalan Lintas Timur Sumatera. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Musi Banyuasin - Perbaikan Jalan Lintas Timur Palembang-Jambi masih dilakukan. Perbaikan ditargetkan selesai pada H-4 Lebaran 2019.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Sumatera Selatan Kementerian PUPR, Dedy Mandarsyah, menyebut telah melakukan perbaikan sepanjang 236 kilometer (km). Perbaikan jalan meliputi penutupan lubang.

"Untuk pengerjaan penutupan lubang di jalan lintas Palembang-Betung itu saya rasa selesai sampai hari ini. Sementara untuk ruas Peninggalan sampai Jambi akan selesai pada 1 Juni," kata Dedy saat ditemui di Jalan Lintas Timur, Musi Banyuasin, Sumsel, Rabu (29/5/2019).




Dedy menyebut sebanyak 2.500 lubang di Jalan Lintas Timur Palembang-Betung harus diperbaiki. Adapun pengerjaan berupa agregat dan patching jalan lintas masih terus berlanjut.

"Kalau untuk penutupan lubang sudah 95% selesai. Target kita arus mudik di sepanjang Jalan Lintas Timur lancar sampai batas Jambi. Semua kita kerjakan pakai dana transisi karena belum ada kontrak," kata Dedy.

Meskipun pengerjaan ditargetkan selesai pada H-4, Dedy memastikan tim Satker PJN I tetap menyiagakan alat berat di sepanjang Jalan Lintas Timur. Dengan begitu, perbaikan tetap dilakukan secara bertahap ketika ada lubang selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Kami tetap standby. Ada tim juga yang bergerak untuk menanggulangi jika ada lubang baru setelah perbaikan selesai," katanya.




Dedy menyebut pihaknya juga membuat posko siaga Lebaran yang tersebar di tiga titik sepanjang Jalan Palembang-Batas Jambi. Di posko tersebut juga disiagakan alat berat.

Sementara itu, PPK 1.2 Betung-Peninggalan, Alfin Jerry, mengatakan kondisi jalan dari Betung sampai Peninggalan sepanjang 77,74 km sudah fungsional. Jalan berlubang yang mengalami rusak berat pun telah ditambal sulam.

"Sekarang ini perbaikan dengan sistem tambal sulam. Untuk persiapan mudik Lebaran kondisi fungsional, mulai dari tambal sulam dan agregat atau kerikil," kata Alfin.

"Kondisi saat ini fungsional, tidak ada lagi kerusakan yang menghambat lalu lintas jalan. Saya rasa semua sudah aman untuk dilalui pemudik," imbuhnya. (ras/zak)