detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 21:07 WIB

Sekretariat Parlemen Rusia Ikut Rombongan Prabowo ke Dubai

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Sekretariat Parlemen Rusia Ikut Rombongan Prabowo ke Dubai Prabowo Subianto (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Capres Prabowo Subianto hari ini bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab, bersama beberapa orang warga Rusia, Amerika Serikat, dan Jerman yang ikut di pesawat yang ditumpanginya. Diketahui warga Rusia yang ikut bersama Prabowo merupakan Sekretariat Parlemen Rusia (DUMA) Mr Anzhelika Butaeva dan Mr Mikhail Davydov.

Prabowo bertolak ke Dubai menggunakan jet pribadi dari Bandara Halim Perdanakusuma. Pesawat eks Danjen Kopassus itu lepas landas pada pukul 08.14 WIB.

"Pukul 08.14 WIB pesawat carter private jet Ambraer 190/Lineage 1000 noreg : 9HNYC. yang membawa Prabowo Subianto dan rombongan take off meninggalkan Bandara Halim PK menuju Bandara Dubai, Uni Emirat Arab," ujar Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM Sam Fernando kepada detikcom, Selasa (28/5/2019).

Ada sejumlah nama yang ikut dalam penerbangan itu. Mereka adalah asisten pribadi Prabowo Tedy Arman, Yuriko Fransiska Karundeng, Gibrael Habel Karapang, Mikhail Davydov, dan Amzhelika Butaeva, yang merupakan warga negara Rusia, Justin warga negara Amerika Serikat, serta Mischa Gemermann yang merupakan warga negara Jerman. Daftar ini telah dicek dan dibenarkan oleh Fernando.

Mikhail Davydov dan Amzhelika Butaeva diketahui merupakan Sekretariat Parlemen Rusia. Keduanya pernah diundang Wakil Ketua DPR Fadli Zon untuk menyaksikan langsung proses pemilu serentak di Tanah Air.

Dilansir dari situs resmi dpr.go.id, undangan kepada Davydov dan Butaeva diinisiasi DPR RI dan baru pertama kali dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk melihat bagaimana perkembangan demokrasi di Indonesia. Keterangan soal kehadiran Davydov dan Butaeva dirilis situs DPR pada 16 April lalu.


Undangan yang hadir, selain pihak Rusia, di antaranya parlemen Turki, Malaysia, Pakistan, Rusia, dan dua organisasi internasional seperti Organisasi Konferensi Islam dan Westminster Foundation for Democracy (WFD), Inggris, serta Global Organization of Parliamentarians against Corruption (GOPAC)

"Ini adalah inisiatif DPR untuk mengundang sejumlah anggota parlemen dari beberapa negara sahabat sekaligus organisasi internasional yang selama ini dekat dan bekerja sama dengan DPR. Ini adalah pemilu serentak pertama yang kita laksanakan, baik Pilpres maupun Pileg," ucap Fadli usai memberi sambutan dalam focus group discussion (FGD) bertajuk Election Visit Indonesia 2019 di gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/4) seperti dilansir dari situs resmi dpr.go.id.
(nvl/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com