detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 13:51 WIB

Pansus Targetkan Agustus Sudah Ada Wagub DKI Baru

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pansus Targetkan Agustus Sudah Ada Wagub DKI Baru Bestari Barus. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Pansus Wagub DKI menargetkan pemilihan wagub pengganti Sandiaga Uno rampung pada Agustus 2019. Panitia pemilihan (panlih) Wagub DKI akan dibentuk Juni 2019 dan bekerja pada Juli 2019.

"Juni sudah selesai pansus dan panlih (dibentuk). Dan Juli sudah mulai panlih bekerja. Panlih paling lama dua minggu sudah selesai menyiapkan kotak suara lah, ini lah dua minggu kelar. Kalau tidak ada sesuatu yang luar biasa, maka Agustus sudah ada wagub," ucap Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub, Bestari Barus, saat dihubungi, Selasa (28/5/2019).



Kondisi luar biasa yang dimaksud Bestari adalah kejadian-kejadian yang melanggar tata tertib. Sehingga masa pemilihan pun berjalan lama.

"Makanya nanti yang luar biasa itu ketika yang berjalan tidak sesuai dengan tatib sehingga harus dibatalkan seperti tidak kuorum dan lain sebagainya. Yang penting tools-nya selesai akhir Juni," ujar Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta itu.

Pada prosesnya, pansus akan memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mereka akan memberi masukan agar pemilihan tidak melanggar peraturan yang berlaku.

"Juli minggu kedua, kita kerja bareng dengan KPU untuk mengambil masukan, konsultasi bagaimana cara pelaksanaan pemilihan yang baik. Konsultasi juga dengan Kemendagri agar tidak menyalahi peraturan perundang-undangan. Jadi Syaikhu (calon wagub DKI Jakarta) harusnya tahu apa yang akan dikerjakan," ucap Bestari.



Bestari menyebut pemilihan bisa dilakukan dalam waktu satu hari. Tapi, persyaratan jumlah kuorum belum ditentukan.

"Satu hari selesai. Ini kuorum kita buat berapa? Apa 50+1 atau 2/3 atau 100 persen. Begitu kuorum dapat dimulai nanti dipanggil satu-satu, dihitung terus ditetapkan di situ. Antara akhir Juli atau Agustus sudah mulai paripurna kalau mulus," kata Bestari.

Seperti diketahui, saat ini pemilihan wagub pengganti Sandiaga Uno masih diproses DPRD DKI. Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengajukan nama Agung Yulianto, dan Ahmad Syaikhu sebagai cawagub DKI Jakarta.


Simak Juga "Bola Panas Wagub DKI di DPRD":

[Gambas:Video 20detik]


(aik/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed