DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 14:51 WIB

Tok! Komisi III DPR Tolak 4 Nama Calon Hakim Agung

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Tok! Komisi III DPR Tolak 4 Nama Calon Hakim Agung Erma Ranik (zizah/detikcom)
Jakarta - Komisi III DPR menolak empat nama calon hakim agung yang disodorkan Komisi Yudisial (KY). Empat calon hakim agung itu adalah Ridwan Mansyur, Matheus Samiaji, Cholidul Azhar, dan Sartono.

"Iya, seluruhnya ditolak," kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Erma Ranik, kepada wartawan di Kompleks DPR Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).


Menurut Erma, tiap-tiap fraksi mempunyai pertimbangan sendiri mengapa menolak keempat calon tersebut, yaitu 7 fraksi menolak semua, 1 fraksi menerima semua dan 2 fraksi menerima 1 orang

"Tapi bagi kami Fraksi Partai Demokrat, keempat-empatnya tidak memenuhi persyaratan untuk layak diajukan sebagai hakim agung," ujarnya.


Komisi III DPR menyatakan kecewa dengan nama-nama yang disodorkan tersebut. Menurutnya, KY tidak serius dalam mencari calon hakim agung.

"Dan kami berharap lain kali yang dikirim Komisi Yudisial jauh lebih baik lagi kualitasnya sehingga kami dengan firm bisa memutuskan dan menyetujui hakim agung yang dikirim. Kalau sekarang kami sama sekali tidak firm untuk menyetujuinya, karena memang sangat tidak meyakinkan," pungkas Erma.
(azr/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed