DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 14:32 WIB

KPU Bantah Hasil Rekapitulasi Diumumkan secara Senyap-senyap

Eva Safitri - detikNews
KPU Bantah Hasil Rekapitulasi Diumumkan secara Senyap-senyap Foto: Andhika Prasetia/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membantah pernyataan capres Prabowo Subianto yang menilai hasil rekapitulasi diumumkan secara senyap-senyap. KPU mengatakan tidak ada yang janggal karena rekapitulasi sudah selesai dilakukan.

"Tidak ada yang janggal. Ketentuan UU paling lambat 35 hari. Jatuhnya tanggal 22 Mei 2019, tapi karena rekapitulasi provinsi dan luar negeri sudah selesai, maka kami tuntaskan malam tadi," ujar Komisioner KPU RI Ilham Saputra ketika dihubungi wartawan, Selasa (21/5/2019).


Apalagi, menurut Ilham, dalam rekapitulasi lengkap dihadiri saksi kedua pasangan calon. Saksi itu pun mengikuti proses rekapitulasi hingga selesai. "Dan dihadiri oleh para saksi dari pasangan capres maupun partai. Bahkan saksi Partai Gerindra dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 mengikuti sampai akhir rekapitulasi," katanya.

Diketahui sebelumnya, KPU mengumumkan hasil rekapitulasi pada pukul 02.00 WIB. Prabowo justru menyebut pengumuman itu bersifat senyap.

"Tadi pagi ya, sekitar jam 2 pagi, senyap-senyap begitu, he-he-he..., ya, di saat orang masih tidur atau belum tidur sama sekali," ucap Prabowo, saat konferensi pers di kediamannya, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan.



Eks Danjen Kopassus itu menegaskan sikap paslon 02 terkait penghitungan pemilu. Menurutnya, paslon 02 tidak akan mengakui hasil pemilu yang didasari penghitungan curang.

"Seperti yang telah disampaikan pada pemaparan kecurangan Pemilu 2019 di Hotel Sahid Jaya pada tanggal 14 Mei 2019 yang lalu, kami pihak pasangan calon 02 tidak akan menerima hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU selama penghitungan tersebut bersumber pada kecurangan," kata Prabowo.


Prabowo Tolak Hasil Resmi Pilpres 2019!:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/aan)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed