detikNews
Rabu 15 Mei 2019, 18:15 WIB

Polisi Mulai Usut Kasus Majikan Siram Air Mendidih ke Eka PRT di Bali

Aditya Mardiastuti - detikNews
Polisi Mulai Usut Kasus Majikan Siram Air Mendidih ke Eka PRT di Bali Dirkrimum Polda Bali Kombes Andi Fairan (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Pembantu rumah tangga (PRT) Eka Febriyanti (21) disiram air mendidih oleh majikannya berinisial DMW di Gianyar, Bali. Kasus itu diproses dengan pasal Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

"Kalau saya lihat masih di ranah KDRT, bahwa dia pembantu rumah tangga di situ. Tapi untuk lebih jelasnya hanya sampai pelaporannya dulu," kata Dirkrimum Polda Bali Kombes Andi Fairan di Mapolda Bali, Jl WR Supratman, Denpasar, Bali, Rabu (15/5/2019).



Andi mengatakan kasus yang dialami Eka itu ditangani unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Ditreskrimum Polda Bali. Dia sudah memerintahkan kasus itu untuk ditindaklanjuti.

"Saya sudah perintahkan Kasubdit IV saya yang urusan PPA untuk menindaklanjuti kasus tersebut. Kalau sudah kita dapatkan segera kita lanjuti laporan itu," urainya.

Dia mengatakan sebelum kasus ini dilaporkan juga sudah meminta anggotanya untuk mencari korban. Dia berjanji bakal mengadvokasi kasus ini.

"Korban itu dari pagi belum melapor karena sementara lagi menenangkan diri. Saya perintahkan terus mencari dan advokasi dan apabila dia melapor hari ini untuk memproses lanjut," tutur Andi.



Sebelumnya diberitakan, Eka disiram air mendidih oleh majikannya DMW pada Selasa (7/5). Penyebabnya karena Eka tak berhasil menemukan gunting besi seharga Rp 88 ribu yang hilang.

"Iya (disiram air mendidih), sama adik, bos saya sama satpam. Kejadian pertama, disiram pakai panci besar tuh. Dua kali nganu air penuh dari kepala ditetesin, kepala, badan belakang, ini tangan, paha, semua," tutur Eka siang tadi.

Laporan Eka itu tertuang dalam nomor Lp/202/V/2019/Bali/SPKT. Dengan tindak pidana kekerasan fisik dalam lingkup rumah tangga, sebagaimana dimaksud dalam pasal 44 ayat 1 UU RI No 23/2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga.




(ams/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed