Kakanwil Kemenag Jatim Tersangka Suap Seleksi Jabatan Ajukan JC

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 14 Mei 2019 19:11 WIB
Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur Haris Hasanuddin mengajukan sebagai justice collaborator (JC) ke KPK. Haris ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag.

"HRS (Haris Hasanuddin) mengajukan diri menjadi JC," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).


Meski demikian, KPK terlebih dahulu akan mempertimbangkan berbagai syarat untuk menerima atau tidak pengajuan JC itu. Menurut Febri, KPK juga akan melihat seberapa signifikan keterangan Haris dalam persidangan kasus tersebut.

"Nanti akan dilihat seberapa signifikan keterangan di persidangan dan juga konsistensi yang bersangkutan," sebutnya.


Dalam perkara ini, Haris bersama eks Ketum PPP Romahurmuziy dan Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag.

Haris dan Muafaq diduga memberikan duit kepada Romahurmuziy, yang merupakan anggota Komisi XI DPR RI, sebesar Rp 300 juta. Duit tersebut diduga diberikan Haris dan Muafaq agar Rommy membantu proses seleksi jabatan yang diikuti keduanya. (ibh/jbr)