Isu Menteri Milenial, PKPI Pamerkan Moncernya Karir Diaz Hendropriyono

Elza Astari Retaduari - detikNews
Selasa, 14 Mei 2019 13:42 WIB
Foto: Diaz Hendropriyono. (Dok Instagram @diaz.hendropriyono).
Foto: Diaz Hendropriyono. (Dok Instagram @diaz.hendropriyono).
Jakarta - Wacana menteri dari kalangan milenial untuk kabinet Jokowi mendatang disambut antusias partai koalisi. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) pun menyodorkan kader terbaiknya untuk salah satu kandidat, yakni sang ketum Diaz Hendropriyono.

"Ketum PKPI saat ini Diaz Hendropriyono adalah figur muda yang memiliki rekam jejak yang baik. Memiliki 3 gelar master dari Amerika dan doktor dari Amerika. Selain itu beliau juga memiliki karir baik di swasta maupun di pemerintahan," ujar Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

Verry menjabarkan karir Diaz, mulai dari bekerja di Amerika Serikat hingga di dalam negeri. Ia mengungkap Diaz tak cuma andal di bidang swasta, tapi juga memiliki background di bidang birokrasi.


"Sangat baik pula memulai karir sebagai salah satu associate research di Amerika, di salah satu senat Amerika. Kemudian di beberapa perusahaan swasta dan terakhir adalah komisiaris Telkomsel," kata Verry.

"Beliau selain aktif sebagai tokoh muda, juga menjadi bagian dari tim transisi di PSSI. Juga pernah menjadi staf ahli di Kemenko Polhukam serta di BIN, dan saat ini masih menjadi staf khusus presiden RI, Pak Joko Widodo," imbuhnya.

Untuk itu, PKPI berharap nama Diaz dipertimbangkan menjadi salah satu menteri muda di Kabinet Jokowi. Verry menyebut putra AM Hendropriyono itu sebagai kader terbaik PKPI.

Isu Menteri Milenial, PKPI Pamerkan Moncernya Karir Diaz HendropriyonoFoto: Verry Surya Hendrawan. (Ari Saputra/detikcom).

"Secara rekam jejak, beliau sangat lengkap dan menjadi kader terbaik PKPI dan menurut kami layak untuk diperhitungkan sebagai salah satu kandidat pembantu presiden. Jadi kader terbaik kami adalah Ketum kami, Diaz Hendropriyono dan beliau sangat mumpuni," sebut Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut.

Menurut Verry, wacana menteri dari kalangan muda sempat disampaikan Jokowi saat bertemu elite parpol Koalisi Indonesia Kerja dan TKN beberapa waktu lalu. Ia mengungkap apa yang sempat disinggung oleh Jokowi.

"Yang dibahas secara umum adalah, kabinet mendatang harus diisi oleh figur-figur muda atau yang berjiwa muda yang dapat mengikuti dinamisnya perkembangan, baik domestik maupun internasional," urai Verry.



Verry mengatakan, semua parpol KIK mendukung dan sudah siap dengan kader-kader terbaiknya. PKPI pun juga menyiapkan kader terbaiknya, dalam hal ini adalah Diaz Hendropriyono.

"Pada prinsipnya semua partai politik KIK mendukung dan sudah siap dengan kader-kadernya bilamana diperlukan, bilamana diperkenankan oleh Pak presiden, termasuk PKPI. Karena penentuan pembantu presiden menteri di kabinet adalah hak prerogatif beliau," tutur Verry.

Seperti diketahui, isu menteri dari kalangan milenial yang dipertimbangkan Jokowi sedang jadi pembahasan. Kriterianya disebut berusia 20 tahunan ke atas. (elz/tor)