DetikNews
Senin 13 Mei 2019, 11:34 WIB

Tak Perlu Repot, Minta Surat Keterangan ke Pengadilan Ini Cukup Via Hp

Andi Saputra - detikNews
Tak Perlu Repot, Minta Surat Keterangan ke Pengadilan Ini Cukup Via Hp Foto: Ketua PN Tulungaagung meluncurkan e-court (ist.)
Tulungagung - Untuk menjadi caleg atau calon kepala desa, calon harus mencantumkan surat tidak pernah dipidana dari pengadilan. Bila beberapa waktu lalu harus manual dan antri, maka kini cukup dengan online lewat Hp sehingga tidak ribet.

"Selama ini masyarakat yang mengajukan Surat Keterangan harus mengantri di Pengadilan Negeri (PN) Tulungagung. Di samping itu pemohon Surat Keterangan juga harus mengisi data secara manual yang tentu saja hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat," kata Ketua PN Tulungagung, Johanis Hehamony kepada wartawan, Senin (13/5/2019).


Masyarakat dapat mengisi form dengan cara mengakses website PN Tulungagung melalui smartphone. Setelah seluruh form diisi, maka proses langsung jadi.

"Kurang lebih 10 menit sudah selesai," ujar Johanis.

Langkah selanjutnya masyarakat tinggal datang ke PN Tulungagung untuk melengkapi persyaratan dan mengambil Surat Keterangan.

"Dengan adanya inovasi tersebut pelayanan Surat Keterangan di PN Tulungagung menjadi lebih mudah, sederhana, dan cepat," ucap Johanis.


Aplikasi ini juga diberlakukan bagi keluarga yang akan membesuk tahanan di dalam Rutan. Keluarga cukup mengisi form di website pengadilan via smartphone dan tinggal datang ke PN Tulungagung untuk mengambil hard copy suratnya. Aplikasi ini dinamai SI Beline alias Surat Izin Besuk Online.

"Langkah ini untuk mendukung pembangunan zona integritas yang bebas dari korupsi dan reformasi birokrasi," pungkas Johanis.
(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed