detikNews
Sabtu 11 Mei 2019, 21:43 WIB

Besok KPU Gelar Rekapitulasi Nasional untuk 5 Provinsi

Yulida Medistiara - detikNews
Besok KPU Gelar Rekapitulasi Nasional untuk 5 Provinsi Ilustrasi/gedung KPU/detikcom
Jakarta -

KPU akan melanjutkan rekapitulasi suara tingkat nasional besok, Minggu (12/5). Rencananya rekapitulasi digelar untuk 5 provinsi.

Sedianya hari ini diagendakan rekapitulasi tingkat nasional Provinsi Bengkulu. Tetapi karena datang terlambat rekapitulasi Bengkulu diundur hingga besok. Adapun 4 provinsi lain yang dijadwalkan rekapitulasi finalnya besok hari adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, NTT.

"Tapi yang sudah konfirm Bengkulu, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulbar dan NTT. Cuma Sulbar dan NTT berangkatnya sore, kemungkinan sampai sini malam," kata Ketua KPU Arief Budiman, di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (11/5/2019).


Arief mengatakan 3 provinsi yang sudah siap direkapitulasi besok adalah Bengkulu, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat. Sementara sisanya bila tak terkejar akan dilanjutkan lagi keesok harinya.

"Jadi kalau masih terkejar nanti kita lakukan sama Sulbar dan NTT, tapi kalau tidak terkejar besok kita hanya melakukan 3 provinsi, Bengkulu, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat. Tapi saya mohon bisa disiapkan juga Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Timur," kata Arief.



Selain itu Arief menyebut Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur sudah menyiapkan dokumennya, jika besok juga selesai maka akan segera ke Jakarta untuk direkapitulasi. Namun bila Sulbar, DIY dan Jatim tak sempat esok hari, dijadwalkan pada 13 Mei.

"Kemudian Jawa Timur dan DIY sedang mempersiapkan dokumennya, kalau memang besok selesai besok malam segera menyusul. Tapi kalau tidak Sulawesi Barat, DIY, dan Jawa Timur akan kita rekap ditanggal 13," imbuhnya.



Rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional besok diagendakan mulai pukul 13.00 WIB. Sementara itu hari ini KPU sudah merampungkan rekapitulasi dan penetapan hasil pemilu Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah dan Gorontalo.




(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com