DetikNews
Sabtu 11 Mei 2019, 17:31 WIB

Menteri PUPR Jelaskan Penyebab Jalan Rusak di Sumsel Telat Diperbaiki

Raja Adil Siregar - detikNews
Menteri PUPR Jelaskan Penyebab Jalan Rusak di Sumsel Telat Diperbaiki Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono (Foto: Wisma Putra-detikcom)
Palembang - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan penyebab jalan Palembang-Jambi di Sumatera Selatan (Sumsel) yang rusak belum juga diperbaiki. Salah satu penyebabnya, tender proyek sudah dua kali batal.

"Saya telah sampaikan jalan Palembang batas Jambi, di Musi Banyuasin minggu lalu ini udah mulai dikerjakan. Itu karena 2 kali tender batal dan saya sudah kirim Dirjen Bina Marga cek," kata Basuki saat meninjau Tol Pematang Panggang-Kayu Agung, Jumat (11/5/2019).

Batalnya tender, kata Basuki, berdampak pada waktu pengerjaan. Semua paket proyek yang ditargetkan dikerjakan bulan ini pun molor.

"Batal 2 kali karena ada yang tak sesuai aturan, kami tidak mau ada salah. Maka ulang tendernya. Sekarang sudah mulai dikerjakan pakai dana darurat," ujar Basuki.



Selain ruas jalan Palembang-Jambi, ada pula keusakan jalan dari Lampung hingga Palembang. Perbaikan jalan itu, menurut Basuki, dibagi menjadi 5 paket pengerjaan, yang juga batal semuanya.

"5 paket batal semua. Kalau ini ditabrak, takutnya jadi masalah, ada 5 paket pengerjaan dan semua batal. Kita mulai awal lagi, sekarang sedang tender," kata Basuki.

"Sebelum Lebaran semua sudah jalan di perbatasan Palembang-Jambi ini sudah selesai. Yang lubang kita tutup dulu dan yang kecil-kecil tutup aspal. Kalau tender selesai baru dikerjakan semuanya," sambungnya.

Pemprov Sumsel sebelumnya pernah menyatakan seluruh jalan provinsi yang rusak akan diperbaiki. Perbaikan jalanan rusak ditargetkan selesai sebelum mudik Lebaran 2019.



Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM), Darma Budhi mengatakan pihaknya kini sedang dalam proses pengerjakan 15 paket kegiatan di konstruksi jalan dan jembatan senilai Rp 364 miliar.

"Jelang arus mudik tahun ini kami belum melakukan pengaspalan, tapi penutupan sejumlah ruas jalan yang berlubang agar tak mengganggu pengendara akan mulai dilakukan secepatnya," terang Plt Kepala Dinas PU BM Sumsel, Darma Budhi saat ditemui di kantornya, Selasa (7/5).
(ras/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed