DetikNews
Jumat 10 Mei 2019, 15:15 WIB

TKN Harap Pertemuan Ma'ruf-Sandi Terealisasi: Etisnya Inisiasi yang 'Kalah'

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
TKN Harap Pertemuan Maruf-Sandi Terealisasi: Etisnya Inisiasi yang Kalah Sandiaga dan Ma'ruf Amin saat momen pengundian nomor urut paslon (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berharap pertemuan cawapresnya dengan Sandiaga Uno dapat segera terwujud. Keinginan untuk menggelar pertemuan itu sebelumnya berulang kali diutarakan Sandiaga dalam berbagai kesempatan.

"Ya kita berharap terjadi ya. Supaya situasi politik, apalagi sedang bulan puasa seperti ini semua seharusnya kan cooling down gitu," ujar juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (10/5/2019).


Ace pun menyarankan agar pertemuan itu dapat digelar sebelum tanggal 22 Mei 2019.

"Ya bagusnya sih menurut saya sih sebelum tanggal 22 ya. Tapi ya itu dikembalikan sama mereka," katanya.

Politikus Golkar itu mengatakan Ma'ruf Amin sangat terbuka dengan pertemuan bersama Sandiaga. Namun, ditekankannya, pertemuan itu biasanya diinisiasi dari pihak yang kalah.

"Intinya begini ya, kalau pertemuan tentu pertemuan itu inisiasinya dari pihak yang dalam tanda kutip memang kalah. Di mana-mana yang namanya proses politik dalam setiap kontestasi politik itu biasanya yang pertama kali telepon itu yang kalah, baru dia mengucapkan selamat," tutur Ace.


"Itu, itu etisnya di mana-mana kan begitu. Ya intinya kalau Pak Kiai Ma'ruf Amin dan tentu termasuk Pak Jokowi. Beliau sangat terbuka jika memang ada niatan dari Pak Sandiaga Uno untuk ketemu sama beliau. Gitu," sambung dia.

Sebelumnya, Sandiaga berulangkali mengutarakan keinginannya untuk bertemu dengan Ma'ruf Amin. Namun, kata Sandiaga, rencana pertemuan itu tak pernah terlaksana.

Ma'ruf sendiri sudah merespons pertemuan itu. Ma'ruf menyambut keinginan Sandiaga itu. Hal itu, untuk mendinginkan suasana pascapemilu 2019
(mae/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed