Round-Up

Pemilu Diwarnai Isu Keagamaan Harus Jadi Pelajaran

Rivki - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 08:05 WIB
Ilustrasi (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Pemilu 2019 diwarnai isu agama yang berpotensi memecah persatuan bangsa. Para tokoh menyerukan dan berharap semoga pemilu sarat isu agama ini tak terulang lagi di pemilu seterusnya.

Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Said Aqil Siroj menyebut isu agama diangkat selama Pemilu 2019. Ia berharap isu seperti ini tidak terulang di Pemilu selanjutnya.

"Baru kali ini Pemilu isunya kemarin agama. Ini mudah-mudahan jangan sampai terulang, cukup tahun ini. Ke depan Pemilu adalah adu program, bukan agama, bukan Islam non-Islam, bukan pendukung Islam anti-Islam, nggak. Itu sangat berbahaya," ujar Aqil di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).



Ketum PBNU ini mencontohkan beberapa negara di Timur Tengah berkonflik karena isu agama. Aqil pun merasa heran jika cawapres Ma'ruf Amin dicap anti-Islam.

"Itu yang sudah jelas memecah belah masyarakat di Timur Tengah, di Irak, di Mesir, di Suriah, karena isu itu Islam anti-Islam. Kita luculah, terus terang saja kalau pasangan Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin disebut anti-Islam, luculah. Masa Kiai Ma'ruf anti-Islam?" kata Aqil.

Selanjutnya
Halaman
1 2