Round-Up

Manuver Dipertanyakan, UAS Berstatus Cuti ke Sudan

Indra Komara, Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 08 Mei 2019 22:06 WIB
Ustaz Abdul Somad bertemu dengan Prabowo Subianto. (Tangkapan layar video Youtube Indonesia AdilMakmur)


"Kita tidak tahu keberadaannya di mana, WA-nya tidak aktif. Kita diminta melakukan klarifikasi selama 14 hari terhitung surat dari KASN kita terima 2 Mei," kata Akhmad.

Selama menjalani tugas belajar, dalam surat keterangan izinnya, UAS mendapat sponsor sepenuhnya dari Yayasan Tafaqquh Study Club, Pekanbaru. Masa tugas belajar diberikan 6 semester terhitung tahun ajaran 2018/2019 sampai 2020/2021.


"Selama mengikuti program tugas belajar, beliau dibebaskan sementara dari jabatan fungsional dengan tetap memperoleh hak sebagai aparatur sipil negara. Dan tetap melaporkan tugas belajar kepada Menteri Agama," kata Akhmad.

Terkait surat teguran ini, KASN menyatakan langkah ini merupakan hal biasa dalam menangani dugaan ketidaknetralan PNS atau aparatur sipil negara (ASN).

"Ini surat yang standar. Juga dikirim untuk PNS lainnya yang diduga tidak netral," ujar komisioner KASN Nuraida Mokhsen kepada wartawan, Rabu (8/5/2019).


Nuraida mengatakan tahap pertama yang dilakukan KASN adalah meminta klarifikasi. Jika ada indikasi kuat, KASN akan melanjutkan dengan melakukan investigasi. Nuraida mengatakan, jika ternyata tak ada indikasi kuat pelanggaran netralitas, kasus akan ditutup.

UIN Suska Pekanbaru menerima surat dari KASN pada 2 Mei. UIN Suska Pekanbaru diminta melakukan klarifikasi dalam kurun waktu 14 hari.
Halaman

(jbr/idn)