detikNews
Rabu 08 Mei 2019, 13:22 WIB

Reshuffle Kemungkinan Usai Lebaran, PPP: Itu Terserah Presiden

Tsarina Maharani, Elza Astari Retaduari - detikNews
Reshuffle Kemungkinan Usai Lebaran, PPP: Itu Terserah Presiden Foto: Arsul Sani (tengah) bersama elite PPP. (Ari Saputra/detikcom).
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet setelah Idul Fitri. PPP mengaku belum mendapatkan informasi.

"Soal reshuffle itu wilayah prerogatif presiden. Jadi kalau kami yang di partai, tidak hanya PPP, tapi juga partai lain yang punya menteri, itu terserah pada presidennya saja," kata Sekjen PPP Arsul Sani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Menurut Arsul, penunjukan atau pencopotan menteri merupakan hak prerogatif presiden. Andai menteri dari PPP dicopot, dia mengatakan partai siap menyodorkan nama baru.

PPP saat ini memiliki satu kursi menteri di kabinet Jokowi-Jusuf Kalla. Adalah Menteri Agama Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin yang saat ini berkaitan dengan proses hukum yang sedang berlangsung di KPK.

"Partai tidak dalam posisi siap atau tidak siap. Kita serahkan sepenuhnya pada presiden, partai kewajibannya kalau ada kadernya di kabinet dicopot kemudian diminta presiden siapkan kader lain, kami siap untuk sampaikan pada presiden kader lain," jelasnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Wasekjen PPP Achmad Baidowi. Pria yang akrab disapa Awiek ini menyebut pihaknya menyerahkan soal perombakan Kabinet Kerja kepada Presiden Jokowi.

"Waduh itu urusannya presiden. Kita menyerahkan sepenuhnya kepada presiden karena hak preogatif ada pada beliau," ucap Awiek saat dihubungi.

Soal kabar reshuffle usai Lebaran, PPP menyatakan belum mendapat informasi. Menurut Awiek, PPP belum diberi tahu oleh Presiden Jokowi soal hal ini.

"Sampai sekarang belum ada info apapun ke kami, jadi belum bisa nanggapi terlalu jauh," tutur anggota DPR RI itu.

PPP pun belum melakukan langkah-langkah khusus soal isu reshuffle. Namun PPP memastikan siap apabila menterinya yang akan diganti dari kabinet.


"Nanti tunggu info valid yang disampaikan k kami. Kalau ternyata ada pergantian dan kami diminta siapkan figur pengganti ya akan disiapkan. Pada prinsipnya soal kabinet itu prerogatif presiden," jelas Awiek.

Kabar reshuffle kabinet ini dipastikan Staf Khusus Presiden, Johan Budi SP. Ia menyebut kemungkinan Jokowi mereshuffle kabinet setelah Idul Fitri.

"Kalau sampai lebaran saya kira tidak ada. Saya tidak tahu setelah lebaran, kemungkinan itu bisa saja," ujar Johan Budi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (8/5).

Namun, Johan tidak memastikan apakah reshuffle di Kabinet Kerja akan berjalan pada bulan Juni 2019. Yang jelas, Jokowi selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja menterinya.



Tonton juga video Isu Reshuffle, Ini 4 Menteri Jokowi yang Sempat Terjamah KPK:

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed