DetikNews
Selasa 07 Mei 2019, 21:38 WIB

Kata Kakorlantas Polri soal Wacana Ganjil-Genap Saat Mudik Lebaran

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kata Kakorlantas Polri soal Wacana Ganjil-Genap Saat Mudik Lebaran Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Polri mewacanakan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengatasi macet saat mudik Lebaran. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem ganjil-genap saat mudik Lebaran.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan pihaknya masih mengkaji wacana ganjil-genap ini. Wacana ini juga perlu disosialisasikan dengan matang kepada masyarakat.

"Genap-ganjil ini juga, kita akan bekerja keras untuk itu. Belum lagi masyarakat ini (harus) disosialisasikan, diinformasikan, sementara ruas-ruas jalan yang kita berlakukan genap-ganjil pada saat pintu masuk tol itu akan terjadi hal-hal yang sangat crowded," jelas Irjen Refdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel, Selasa (7/5/2019).

Refdi menyampaikan wacana ganjil-genap ini telah dipaparkan di hadapan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan sejumlah pejabat pada saat video conference.

"Semua pejabat Mabes Polri tampaknya setuju dengan pemberlakuan itu dan mudah-mudahan juga keberadaan anggota kita di lapangan bersamaan dengan pemberlakuan itu Pantura dan jalur selatan akan bisa kita perbuat," katanya.



Selain ganjil-genap, Polri juga menyiapkan rekayasa lalu lintas lainnya, seperti contra flow hingga sistem one way.

Lebih jauh Refdi mengimbau warga yang hendak mudik agar merencanakan perjalanannya dengan baik. Pemudik diimbau memperhatikan kondisi kesehatan sebelum berangkat.

"Kemudian kondisi kendaraan bahwa kendaraan dalam kondisi prima bahwa siap juga mematuhi aturan yang ada di jalan," katanya.

Pastikan bahan bakar kendaraan mencukupi untuk perjalanan. Warga juga diimbau mengisi uang elektronik sebelum berangkat.

"Sekali lagi, dalam kesempatan ini, tentu saya mengucapkan selamat menempuh bulan suci Ramadhan dan menjalankan ibadah puasa sehingga pada saatnya nanti kita di Hari Raya juga dalam keadaan sehat, nyaman, tanpa hambatan apa pun dalam pelaksanaan Operasi Ketupat di tahun 2019 ini," jelasnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed