detikNews
Selasa 07 Mei 2019, 20:31 WIB

Melihat Kekhusyukan Warga Salat Tarawih di JPO Pasar Gembrong

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Melihat Kekhusyukan Warga Salat Tarawih di JPO Pasar Gembrong Foto: Jefrie Nandy/detikcom
Jakarta - Aktivitas warga menunaikan salat Tarawih di jembatan penyeberangan orang (JPO) di Pasar Gembrong, Jalan Basuki Rahmat, Jakarta Timur, sudah menjadi pemandangan setiap tahun. Sejumlah warga tetap khusyuk meski menunaikan salat Tarawih di atas JPO.

Warga melaksanakan salat Tarawih di JPO lantaran Musala Miftahul Jannah tidak bisa menampung jemaah. Imam musala, Kadiman, mengatakan musala selalu dipenuhi jemaah di bulan Ramadhan.

"Ini di sini (luar musala) juga penuh kalau Tarawih. Makanya lari ke atas (JPO). Di atas kan luas, sampai ke mana. Hanya saya memantau jangan sampai melebihi imam," kata Kadiman kepada detikcom di lokasi, Selasa (7/5/2019).

Musala tersebut memiliki dua lantai. Namun, karena jemaah pada bulan Ramadhan selalu ramai sehingga kapasitas musala tidak mencukupi lagi, warga terpaksa salat Tarawih di atas JPO.


Warga juga salat di lua musala.Warga juga menunaikan salat di luar musala. (Jefrie Nandy/detikcom)


Musala itu dibangun pada 1996 dari tanah wakaf. Namun Tarawih tahun ini sepertinya menjadi Tarawih terakhir karena musala akan digusur.

"Bisa jadi (tidak ada lagi Tarawih di JPO) karena musala mau digusur. Karena ya mungkin kalau informasi kan buat Tol Becakayu," katanya.

Menurutnya, sejumlah warga tidak menyetujui penggusuran itu. "Ya sebetulnya mah nggak setuju. Tapi pemerintah, mau bilang apa. Kalau boleh ngomong, kalau Tol Becakayu kalau buat jalan, itu kan di sana, pinggir jalan," tuturnya.

Sementara itu, seorang warga, Rizki (26), mengaku tidak terganggu jika harus melaksanakan salat di atas JPO. Hanya, ketika hujan turun, ia harus pindah mencari tempat yang teduh.

"Ya sudah biasa di sini, nggak ada masalah," kata Rizki.

Pantauan detikcom di lokasi, terdapat sejumlah warga yang melaksanakan salat di atas JPO. Mereka tetap khusyuk meski JPO dilewati para pejalan kaki.

Jemaah juga tampak melaksanakan salat di luar musala. Mereka salat dengan beratap tenda biru.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com