DetikNews
Selasa 07 Mei 2019, 19:51 WIB

Antisipasi Mudik, Proyek di Tol Cikampek Disetop Mulai H-10 Lebaran

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Antisipasi Mudik, Proyek di Tol Cikampek Disetop Mulai H-10 Lebaran Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi salah satu kendala dalam menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini. Untuk mengantisipasi kemacetan pada saat mudik, proyek tersebut akan dihentikan untuk sementara waktu.

"Kita sudah sepakat untuk pekerjaan empat item penting itu, yang pertama tol elevated, kemudian kereta api cepat Jakarta-Bandung, LRT, Tol Cibitung-Cilincing, pekerjaan itu akan dihentikan 10 hari sebelum Hari Raya," jelas Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri kepada wartawan di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019).

Proyek pembangunan akan dilanjutkan kembali 10 hari atau sepekan setelah Idul Fitri. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan arus lalu lintas pada saat mudik Lebaran via Tol Jakarta-Cikampek.

Dalam rangka kesiapan menyambut mudik Lebaran, Korlantas Polri telah menggelar rapat bersama Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, Bina Marga, dan pengelola transportasi Jabodetabek.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan kita tentukan bagaimana cara bertindak di lapangan yang paling tepat," imbuhnya.



Refdi mengakui, dengan adanya proyek infrastruktur tersebut, arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek semakin macet. Pihak kepolisian juga telah melakukan analisis dan evaluasi untuk kelancaran mudik tahun ini.

"Kami sudah memaparkan di depan Bapak Kapolri, setelah kita melakukan analisis dan evaluasi, yang paling tepat saat ini adalah dengan melihat animo dan keinginan masyarakat untuk mudik, tentunya bersama juga dengan balik ya," tuturnya.

Selain menghentikan sementara proyek infrastruktur, pemerintah akan membatasi jam operasional kendaraan angkutan barang.

"Pembatasan pergerakan kendaraan barang tidak lagi menjadi kendala bagi mereka," ujarnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed