DetikNews
Selasa 07 Mei 2019, 16:50 WIB

BPOM Sidak Makanan Takjil di Pasar Kuliner Makassar

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
BPOM Sidak Makanan Takjil di Pasar Kuliner Makassar Foto: BPOM Makassar sidak makanan takjil. (Taufiq-detikcom)
Makassar - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Makassar melalukan sidak makanan takjil yang beredar di masyarakat pada Ramadhan 2019. BPOM ingin memastikan makanan yang beredar di masyarakat aman untuk dikonsumsi.

Sidak ini digelar di Jalan Mappanyuki, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/5/2019) sore. Di Jalan Mappanyuki ini terkenal dengan pasar kuliner takjil dadakan yang berlangsung selama Ramadhan.


Pantauan di lapangan, ramai para penjual yang menjajakan makanan khususnya makanan-makanan lokal seperti Jalangkote, gogos atau ketan bakar dan cendol.

"Jadi hari ini kami ingin memastikan makanan takjil yang dijual aman dan tidak mengandung formalin atau bahan tekstil lainnya," kata Kepala BPOM Sulsel, Abdul Rahim di Makassar, Sulsel.

Dia menyebutkan pihaknya telah melakukan sidak pemeriksaan bahan makanan di beberapa tempat untuk menjamin keamanan konsumsi masyarakat.

Dalam sidak kali ini, pihak BPOM tidak menemukan adanya pelanggaran atau pihak yang menggunakan formalin dan bahan berbahaya lainnya. "Tetapi ada beberapa yang Kita tegur terkait kebersihannya. Tegasnya kita larang pakai formalin untuk makanan ," sebutnya.


Sementara itu, Andi Indah yang berjualan kue khas Sulsel menegaskan bahan makanan miliknya tidak menggunakan bahan pengawet dalam makanannya.

"Asli ini bahannya. Tidak ada bahan pengawet karena kalau pakai beda rasanya," ujarnya.
(tfq/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed