DetikNews
Selasa 07 Mei 2019, 07:45 WIB

Bawaslu DKI Masih Periksa Keaslian Formulir C1 yang Disita di Menteng

Audrey Santoso - detikNews
Bawaslu DKI Masih Periksa Keaslian Formulir C1 yang Disita di Menteng Foto: Penampakan kardus berisi formulir C1 yang diamankan polisi di Menteng, Jakarta Pusat (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Bawaslu DKI masih memeriksa tumpukan kertas formulir C1 yang tertulis seakan milik kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Formulir C1 tersebut sebelumnya diamankan polisi dari sebuah taksi online di Menteng, Jakarta Pusat.

"Masih ditangani," kata Ketua Bawaslu DKI, Jufri, kepada detikcom, Selasa (7/5/2019).

Jufri menjelaskan formulir C1 tersebut diperiksa Bawaslu Jakarta Pusat dan masih belum dapat dipastikan asli atau palsu.

"Diserahkan ke Bawaslu Jakarta Pusat. (Asli atau tidaknya formulir C1 tersebut) masih dalam proses penanganan di sana. Kami serahkan ke Bawaslu Jakarta Pusat," kata Jufri.


Penemuan ribuan formulir C1 ini berawal dari operasi lalu lintas yang dilakukan Polres Jakpus pada Sabtu (4/5). Sebuah mobil disetop di Jl Besuki, Menteng kemudian ditemukan 2 kardus di bagasinya. Kardus itu ternyata berisi ribuan formulir C1. Kardus pertama berisi 2.006 formulir C1 sementara kardus kedua berisi 1.761 formulir C1. Ribuan formulir C1 itu berasal dari sejumlah kabupaten di Jawa Tengah.

Bawaslu masih memastikan keaslian dari formulir C1 itu. Koordinator Divisi SDM Jakarta Pusat, Roy Sofian Fatra Sinaga, mengatakan isi formulir C1 itu berbeda dengan hasil rekapitulasi di TPS. Tanda tangan saksi di C1 yang ditemukan dengan C1 yang dimiliki KPU juga berbeda.

"Misalkan suara 01 100 suara dan 02 50, di C1 yang kita dapatkan 01 50 dan 02 100. Tanda tangan saksi juga berbeda karena kita juga cek berapa TPS lewat KPU berbeda," ungkap Roy.




Tonton video Bawaslu Investigasi Temuan Ribuan Form C1:

[Gambas:Video 20detik]


(aud/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed