detikNews
2019/05/06 22:02:59 WIB

Round-Up

Teka-teki Penyakit Tewaskan 3 Orang di Jeneponto

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Teka-teki Penyakit Tewaskan 3 Orang di Jeneponto Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Jeneponto - Tiga dari puluhan warga Desa Garonggong, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), tewas setelah terjangkit penyakit misterius. Laporan yang diterima Pemkab Jeneponto, penyakit misterius ini mulai menjangkit warga sejak April 2019.

Mulanya ada 25 warga yang dirawat di Puskesmas Buludoang. Para warga yang dirawat mengalami demam, sakit perut, dan nyeri sendi. Namun beberapa dugaan penyakit, seperti chikungunya dan zika, menunjukkan hasil negatif pada sampel.

"Warga kami yang kena penyakit ada puluhan orang dan dari data kami ada 3 yang meninggal," kata Sekretaris Daerah Jeneponto Syafruddin Nurdin saat dihubungi detikcom, Senin (6/5/2019).




"Chikungunya, zika, hasil lab juga negatif, begitu juga leptospirosis hasil lab juga negatif. Jadi disarankan untuk melakukan pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction)," imbuhnya.

Penyakit misterius ini membuat tim Dinas Kesehatan Jeneponto kebingungan. Hasil pemeriksaan warga yang terjangkit juga negatif penyakit malaria.

"Beberapa hari kemudian, kita dari Dinkes melakukan pemeriksaan. Ditengarai malaria, tapi hasil pemeriksaan negatif. Juga dari mikroskopik itu juga negatif. DBD juga bukan, ini misterius sekali," ujar Kabid P2 Dinas Kesehatan Jeneponto Susanti Andi Mansyur.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed