DetikNews
Minggu 05 Mei 2019, 16:39 WIB

KM Dharma 3 GT Tenggelam Dihantam Ombak di Perairan Bima, 3 ABK Selamat

Harianto - detikNews
KM Dharma 3 GT Tenggelam Dihantam Ombak di Perairan Bima, 3 ABK Selamat Foto: 4 orang yang berada di kapal KM Dharma 3GT berhasil diselamatkan Tim SAR yang secara kebetulan berada di sekitar lokasi kapal tenggelam (dok. Istimewa).
Bima - Kapal motor (KM) Dharma 3 GT tenggelam setelah dihantam ombak saat tengah berlayar di perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Bima, NTB. Beruntung 4 orang yang berada di kapal tersebut berhasil diselamatkan Tim SAR yang secara kebetulan berada di sekitar lokasi kapal tenggelam.

KM Dharma 3 GT itu berlayar dengan hanya membawa 4 orang termasuk nakhoda dari Sumbawa menuju Kalabahi, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (4/5) sekitar pukul 19.00 Wita. Tim SAR yang saat itu tengah melakukan pencarian terhadap 2 korban hilang dari kapal pengangkut bawang, KLM Pusaka Raya 07, langsung melihat korban dari KM Dharma 3 GT. Keempat korban dari KM Dharma 3 GT pun berhasil diselamatkan pada Minggu (5/5/2019) sekitar pukul 08.30 Wita.

"Ditemukan tadi pagi saat pos SAR Bima bersama unsur terkait melakukan pencarian terhadap 2 ABK Kapal KLM Pusaka Raya 07 yang masih belum ditemukan. Korpos Bima mendapat laporan dari pak Sulaiman, korpos pengawas laut terkait kejadian tersebut," kata Humas SAR Mataram, I Gusti Lanang Wiswananda kepada wartawan, Minggu (5/5).

KM Dharma 3 GT Tenggelam Dihantam Ombak di Perairan Bima, 3 ABK SelamatFoto: 4 orang yang berada di kapal KM Dharma 3GT berhasil diselamatkan Tim SAR yang secara kebetulan berada di sekitar lokasi kapal tenggelam (dok. Istimewa).


Untuk diketahui, KLM Pusaka Raya 07 tenggelam di perairan Bima pada Jumat (3/5) lalu dan 2 orang ABK-nya belum ditemukan hingga saat ini. Sementara itu lokasi tempat KLM Pusaka Raya 07 tenggelam tidak jauh dengan lokasi tempat KM Dharma 3 GT tenggelam.

"Lokasi tenggelamnya kapal KM Dharma 3 tidak jauh dari lokasi tenggelamnya kapal KLM Pusaka Raya 07," imbuhnya.


KM Dharma 3 GT Tenggelam Dihantam Ombak di Perairan Bima, 3 ABK SelamatFoto: 4 orang yang berada di kapal KM Dharma 3GT berhasil diselamatkan Tim SAR yang secara kebetulan berada di sekitar lokasi kapal tenggelam (dok. Istimewa).
KM Dharma 3 GT diduga tenggelam akibat gelombang besar dan angin kencang di perairan Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Bangkai kapal tidak ditemukan di lokasi tempat ABK kapal ditemukan.

"Bangkai kapal tidak ditemukan. Kemungkinan tenggelam," kata Kepala SAR Mataram, I Nyoman Sidakarya.

Kini keempat korban dari KM Dharma 3 GT sudah dievakuasi dengan selamat dan tengah mendapatkan perawatan medis. Sementara itu 2 korban hilang dari KLM Pusaka Raya 07 belum ditemukan tim SAR.

ABK KM Dharma 3 GT yang telah ditemukan selamat dan berhasil dievakuasi, yaitu:

1. Salahudin (47), kapten kapal asal Sumbawa.
2. Nur Arif Yono (32), ABK asal Surabaya.
3. Hamjah (27), ABK asal Alas, Sumbawa.
4. Hasanudin (43), ABK asal Alas, Sumbawa.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed