detikNews
Kamis 02 Mei 2019, 16:40 WIB

LSI Denny JA: Golput Pilpres 2019 Menurun

Eva Safitri - detikNews
LSI Denny JA: Golput Pilpres 2019 Menurun Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa. (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut angka golput pilpres 2019 menurun dengan persentase 19,24 %. Hal ini disebabkan oleh seruan 'jangan golput' dari kedua kubu.

"Apa alasan kenapa turunnya golput? Dari hasil analisis kami pertama memang mobilisasi dengan seruan 'jangan golput' dari kubu Jokowi dan Prabowo yang lebih ekstra di akhir masa kampanye. Jadi masing-masing kandidat baik dari kubu 01 ataupun 02 merasa, satu suara itu sangat menentukan dan disampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat pun merasa bahwa suaranya sangat penting," ujar Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa, di Gedung Graha Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (2/5/2019).



Ardian menyebut angka golput pilpres di pemilu tahun ini paling kecil. Tercatat di tahun 2004 suara golput sebesar 23,30%, tahun 2007 sebesar 27,45%, dan tahun 2014 sebesar 30,42%.

Selain seruan tersebut, Ardian mengatakan ada juga faktor dari aktivitas gerakan anti golput. Gerakan itu juga dinilai mempengaruhi suara masyarakat untuk menggunakan hak suaranya.

"Kemudian juga kita mencatat gerakan aneka anti golput atau aneka civil society bisa kita cek di media bahwa banyak yang menyatakan untuk kemajuan demokrasi kita, untuk legitimasi yang makin kuat kita harus datang ke TPS, tentu tidak hanya disuarakan oleh satu dua civil society tapi juga semuanya yang peduli terhadap demokrasi," ucapnya.



Lebih lanjut, Ardian juga menjelaskan bahwa hal juga hasil dari aksi door-to-door yang dilakukan oleh relawan. Menurutnya, cara ini juga punya dampak signifikan pada berkurangnya angka golput.

"Keempat di hari terakhir ada terjadi gelombang door to door yang diiniasi relawan untuk memperlihatkan bahwa satu suara sangat berharga menentukan nasib Indonesia ke depan dan relatif ini juga berhasil kita lihat dari angka golput," paparnya.


Tonton juga video Jawaban Santai LSI Denny JA Saat Dilaporkan ke KPU:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed