detikNews
Kamis 02 Mei 2019, 16:40 WIB

BPN Prabowo Laporkan Situng KPU ke Bawaslu

Dwi Andayani - detikNews
BPN Prabowo Laporkan Situng KPU ke Bawaslu BPN Prabowo-Sandiaga melaporkan Situng KPU ke Bawaslu, Kamis (2/5/2019). (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melaporkan KPU ke Bawaslu. KPU dilaporkan terkait dengan dugaan kecurangan dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

"Pada hari ini, BPN Prabowo-Sandi melaporkan ke Bawaslu tentang Situng KPU, di mana sudah kami nilai bahwa Situng KPU ini sudah meresahkan. Situng KPU ini bisa membuat kepercayaan masyarakat kepada demokrasi kepada pemilu itu menjadi berkurang," ujar Direktorat Advokasi dan Hukum BPN Sufmi Dasco Ahmad di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

Dasco menyebut kesalahan input pada situng disebabkan banyaknya human error. Selain itu, menurutnya, suara 02 dalam situng juga disebut tidak bertambah.




"Hal ini disebabkan karena terjadi banyak human error pada Situng KPU dan dalam perhitungan yang terkadang membuat suara 02 itu tidak bergerak naik atau malah bahkan berkurang," kata Dasco.

"Sehingga Situng KPU, dengan kemudian perhitungan yang terjadi di lapangan sangat berbeda," sambungnya.

KPU dilaporkan atas dugaan melakukan pelanggaran administrasi. BPN membawa bukti berupa adanya kesalahan penghitungan.

"Kita memang bawa banyak bukti kalau di sini ada kesalahan-kesalahan perhitungan ada di 34 provinsi dan itu bukan cuma satu, lalu kemudian hal ini kan membuat keresahan di masyarakat, terutama pendukung 02," ujar Dasco.

Dasco mendesak Bawaslu memerintahkan KPU menghentikan proses situng. Selain itu, dia meminta diadakannya penghitungan suara secara manual.

"Kami minta kepada Bawaslu untuk segera menghentikan situng KPU, untuk membuat suasana di masyarakat menjadi kondusif. Kemudian kami menuntut diadakan perhitungan saja secara manual," tuturnya.


Tonton juga video Eggi Sudjana Laporkan KPU-Bawaslu ke DKPP Karena Abai Kecurangan:

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed