DetikNews
Selasa 30 April 2019, 23:57 WIB

Tak Terima Hasil Pemilihan Ketua Himpunan, Mahasiswa di Makassar Bentrok

Reinhard - detikNews
Tak Terima Hasil Pemilihan Ketua Himpunan, Mahasiswa di Makassar Bentrok Ilustrasi (Rachman Haryanto/detikcom)
Makassar - Bentrokan antarmahasiswa terjadi di kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Penyebab tawuran ini diduga akibat pemilihan ketua salah satu organisasi di kampus.

"Ini gesekan sesama mahasiswa sehubungan dengan adanya pemilihan ketua HMJ. Yang terpilih adalah orang dari Luwu, kemudian yang tidak terpilih melakukan aksi seperti tidak terima hingga terjadi bentrok di depan kampus," ujar Kapolsek Rappocini Kompol Edhy Supriyadi, Selasa (30/4/2019) malam.



Para mahasiswa yang terlibat dalam bentrokan ini diketahui tidak terima salah satu calon yang diusungnya menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa di salah satu jurusan di Fakultas Sospol Unismuh kalah. Keributan dua kelompok mahasiswa pun tak terhindarkan.



Kedua kelompok itu melakukan penyerangan dengan menggunakan anak panah, batu, dan alat tumpul lainnya. Kejadian itu juga berimbas terhadap kemacetan di jalan raya.

"Menyebabkan arus lalu lintas tersendat dari arah (Kabupaten) Gowa ke Makassar dan sebaliknya, karena lemparan batu dari dalam kampus," sebut Kompol Edhy.

Bentrokan bisa dihentikan setelah tim dari Polrestabes Makassar dan Polsek Rappocini mendatangi lokasi. Selain itu, polisi melakukan penyisiran ke dalam kampus dan menyita alat-alat yang digunakan mahasiswa saat tawuran.

"Ada kami sita tadi sejumlah barang bukti berupa anak panah busur," kata Kanit Reskrim Polsek Rappocini Iptu Iqbal Usman secara terpisah.
(knv/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed