detikNews
2019/04/30 21:00:36 WIB

Round-Up

Karena Kru KRI Tjiptadi Tahu, Tembakan Mereka Sudah Ditunggu

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Karena Kru KRI Tjiptadi Tahu, Tembakan Mereka Sudah Ditunggu Kapal coast guard Vietnam menabrak kapal TNI AL di Natuna (Screenshot video viral)
Jakarta - Sikap kru KRI Tjiptadi-381 yang tidak menggunakan kekuatannya diapresiasi terkait provokasi kapal pengawas perikanan Vietnam di Natuna Utara. Para prajurit TNI AL itu menahan diri lantaran tembakan dari kru KRI sudah ditunggu.

Peristiwa ini semula diketahui melalui video viral di media sosial yang memperlihatkan KRI Tjiptadi-381 ditabrak oleh kapal Vietnam di Laut Natuna Utara. Insiden itu dilaporkan terjadi di perairan Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara, pada Sabtu (27/4) pukul 14.45 WIB.

Video yang viral itu memperlihatkan kapal berbendera Vietnam dengan sengaja menabrakkan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381. Kapal Vietnam itu berusaha menghalangi kapal TNI AL. Meski diprovokasi, dalam video terlihat prajurit TNI AL menahan diri dan tidak melakukan tindakan berlebihan.



Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono menjelaskan alasan kru KRI Tjiptadi-381 menahan diri. Menurut Yudo, langkah itu diambil karena yang dihadapi merupakan kapal sipil.

"Ingat bahwasanya itu berada di zone ekonomi eksklusif (ZEE) di mana kita punya hak berdaulat, bukan kedaulatan, dan yang kita hadapi juga kapal sipil," kata Yudo di Kantor Direktorat Bea-Cukai, Jl Ahmad Yani, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).



Yudo mengatakan langkah prajuritnya sudah tepat. Sebab, apabila pada saat itu kru KRI Tjiptadi melakukan tindakan berlebihan, akan sangat merugikan Indonesia.

RI disebut bisa mendapat kecaman dari dunia internasional dan itu yang dinanti oleh awak kapal pengawas perikanan Vietnam.

"Itu hal yang dinanti-nanti oleh mereka. Jika kita melakukan tembakan, kita akan diprotes oleh dunia internasional bahwa kapal perang menembak kapal sipil. Sehingga kita bertahan seperti itu," ujar dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed