detikNews
Selasa 30 April 2019, 20:04 WIB

KKP: Ada 4 Kapal Vietnam Ingin Tabrak Kapal RI Sepanjang 2019

Ibnu Hariyanto - detikNews
KKP: Ada 4 Kapal Vietnam Ingin Tabrak Kapal RI Sepanjang 2019 Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Ibnu Haryanto/detikcom)
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut peristiwa kapal Vietnam ingin menabrak kapal Indonesia kerap terjadi. KKP mencatat sepanjang 2019 setidaknya ada empat peristiwa kapal Vietnam masuk dan ingin menabrak kapal Indonesia.

"Insiden kapal asing mengejar atau hampir menabrak kapal kita itu sudah ada empat kali. Ini Vietnam semua," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Lounge Susi Air, Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).



Susi menyebut peristiwa itu terjadi pada tanggal 19 Februari, 24 Februari, 8 April, dan 27 April. Selain kapal Vietnam, menurut Susi ada juga kapal dari Malaysia.

"Belum lagi (kapal) Malaysia, di Belawan, di Medan," sebutnya.

Susi mengatakan kapal-kapal asing milik Vietnam itu menganggap masih berada di landasan kontinen. Landas kontinen adalah daerah di luar laut teritorial. Padahal, menurut Susi, kawasan perairan Natuna itu masuk ke zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.



"Itu kalau sekarang ini itu ZEE kita. Mereka menganggap masuk wilayah landasan kontinen tapi permukaan laut milik kita. TNI AL sudah benar menangkap kapal ikan itu. Kalau itu belum ada kesepatakan harusnya tidak ada kegiatan di situ tapi ini terus-menerus sampai masuk sampai dalam. TNI AL sudah benar menarik kapal Vietnam itu," kata Susi.

Seperti diketahui, video yang memperlihatkan KRI Tjiptadi-381 ditabrak oleh kapal Vietnam di Laut Natuna Utara beredar viral di media sosial. Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, KRI Tjiptadi-381, sedang melakukan penegakan hukum terhadap kapal ikan Vietnam BD 979 yang sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal.



Insiden itu dilaporkan terjadi di perairan Indonesia tepatnya di Laut Natuna Utara pada Sabtu (27/4) pukul 14.45 WIB. Menurut Laksda Yudo, pihak Vietnam juga mengklaim perairan tersebut adalah wilayah miliknya.


(ibh/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed