DetikNews
Senin 29 April 2019, 23:34 WIB

Menpora Tak Tahu Kapan MoU dengan KONI soal Dana Hibah Diteken

Zunita Putri - detikNews
Menpora Tak Tahu Kapan MoU dengan KONI soal Dana Hibah Diteken Menpora Imam Nahrawi bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta dalam kasus suap terkait hibah KONI. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Menpora Imam Nahrawi mengaku tidak mengetahui kapan penandatanganan MoU atau kerja sama pihaknya dengan KONI tentang pencairan dana hibah dilakukan. Dia menyebut penandatanganan MoU pencairan berada di tangan deputi.

"Kalau aturannya (MoU) iya, tapi untuk itu saya nggak tahu MoU-nya kapan," ujar Imam saat bersaksi dalam persidangan Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).




Imam menjelaskan urusan MoU merupakan kewenangan Deputi IV. Dia menyebut hanya berperan sebagai pemberi disposisi.

"(Urusan MoU) ya kedeputian pastinya, Deputi IV, PPK, dan verifikasi, karena secara umum MoU harus dilakukan," katanya.

Selain itu, Imam mengaku tidak pernah melakukan pengawasan detail terkait dana hibah apakah sesuai rancangan biaya yang ditulis di proposal atau tidak. Dia beralasan banyak pekerjaan sehingga tak sempat mengecek.

"Nggak sampai ke sana, karena tugas saya terlalu luas. Maka masing-masing yang sudah dapat dana, mereka yang tanggung jawab," kata Imam.




Bahkan Imam menyebut tidak tahu-menahu terkait uang Rp 10 miliar yang tidak digunakan sebagaimana mestinya untuk Asian Games. Uang tersebut diduga disalahgunakan oleh bawahannya dan pejabat KONI.

"Nggak tahu, itu (disetujui) unit teknis, karena ada KPA, PPK," ucapnya.
(zap/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed